Watergius's Journal

The world as I see it

Membuat Visa – Jepang dan Kanada

Ini adalah ceritaku dalam membuat visa Jepang dan Kanada …

***

VISA JEPANG

**

Ini adalah visa pertama yang kubuat, tepatnya sekitar bulan Februari tahun 2011 yang lalu. Jenis visa yang kubuat adalah Visa Single Entry untuk tujuan kunjungan sementara. Pembuatannya tidak lama (visaku jadi kurang dari 5 hari kerja), selama syarat2nya telah lengkap. Persyaratannya antara lain : dokumen (dapat didownload di website kedutaan Jepang) yang telah diisi lengkap, invitation letter dari pihak yang mengundang kita ke Jepang (bila ada), tiket pesawat pulang pergi, pas foto 4,5×4,5 cm dengan latar belakang putih, dan biaya pembuatan yang disesuaikan dengan jenis visanya. Dan, oh ya, tempat pengurusannya haruslah sesuai dengan alamat domisili kita di KTP.

Saat pengurusan visa itu tahun lalu, alamat di KTP-ku adalah alamat Sumatera Utara. Akibatnya, pengurusan visaku tidak dapat dilakukan di kantor kedutaan Jepang di Jakarta, melainkan harus dilakukan di Konsulat Jendral Jepang di Medan (setelah kupastikan dengan menelepon Kedutaan Jepang di Jakarta dan Konsulat yang di Medan). Untuk mengetahui lebih lanjut tentang konsulat ini dan pembagian wilayahnya, Anda dapat memeriksanya di website kedutaan Jepang.

Dan sedikit trik yang kulakukan saat pengurusan visa ini adalah aku meminta surat keterangan masih berstatus mahasiswa dari kampusku (saat itu aku memang masih mahasiswa) sehingga pengurusan visaku dapat diwakilkan kepada orang lain/keluarga. Setidaknya itulah manfaat dari surat keterangan masih berstatus mahasiswa itu menurutku, sebab temanku yang juga mengurus visa yang sama denganku, diminta untuk hadir secara langsung di Konsulat Jendral Jepangnya di Medan (saat itu statusnya tidak mahasiswa lagi)..

**

VISA CANADA

**

Visa Kanada

Visa Canada adalah visa terbaru yang kubuat, tepatnya sekitar bulan Maret yang lalu dan baru jadi setelah tiga minggu diproses di Kedutaan Canada. Kenapa selama itu? Karena yang aku buat adalah visa kerja (untuk jangka waktu satu tahun).

Proses pertama dalam pembuatan visa kerja Kanada adalah pengurusan Canadian Work Permit. Dokumen ini berisi serangkaian keterangan tentang perusahaan tempat kita akan bekerja di sana, tentang kontrak kerja kita (termasuk lama waktunya), serta beberapa surat rekomendasi dalam pengurusan visa. Gimana cara mendapatkannya? Hubungilah perusahaan yang meng-hire Anda di sana..

Setelah Canadian Work Permit kita jadi, hal berikutnya yang kita lakukan adalah menyerahkan dokumen2 yang telah disyaratkan ke Kedutaan Kanada (bila mengurus langsung) ataupun ke VFS (agen resmi pengurusan visa Kanada) – keduanya berlokasi di Jakarta.

Salah satu hal yang penting diingat dalam pengurusan visa Kanada adalah formulir aplikasinya cukup ribet. Bila Anda salah ketik satu huruf dalam formulir aplikasi itu (terutama IMM1295), Anda harus mengulangi validate data dari awal lagi. Dan juga, pihak VFS cukup ketat dalam memeriksa keaslian tanda tangan Anda di akhir dokumen (tidak boleh hasil printan atau scanan).

Setelah formulir aplikasi Anda telah berhasil diterima oleh VFS, maka dalam 3-5 hari kerja Anda akan diminta oleh pihak kedutaan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di pusat kesehatan yang telah mereka tentukan (di Jakarta namanya Medikaloka). Dan satu hal yang penting dari pengalamanku, pastikan menelepon ke Medikalokanya terlebih dahulu.

Jadi, di pagi hari saat aku akan melakukan medical checkup di Medikaloka, aku telah mempersiapkan diri dengan puasa tidak sarapan (belajar dari pengalaman medical checkup sebelumnya di perusahaan). Namun, saat aku bertemu dengan teman (dari perusahaan yang sama) yang juga akan medical checkup, dia mengatakan kalau kita tidak perlu puasa (hasil dari menelepon ke Medikaloka sehari sebelumnya). Bahkan, dia juga menyampaikan kepadaku syarat2 yang perlu dibawa dalam medical checkup itu..

Paspor asli dan pasfoto 4×6 dengan latar belakang putih 5 lembar adalah syarat2 yang diminta oleh Medikaloka, dan tak satu pun yang kumiliki saat datang ke Medikaloka di pagi itu. Mengenai paspor, karena saat itu paspor kami sedang berada di pihak kedutaan, maka fotokopinya saja juga oke. Dan mengenai pasfoto, untunglah benda itu juga bisa menyusul setelah kita melakukan medical checkup. Akhirnya,  dengan berbekal pertolongan teman yang berbaik hati mengirimkan scanan pasporku ke email Medikaloka, pagi itu aku pun dapat melakukan medical checkup. Tak sampai sejam proses pemeriksaan pun selesai dan aku pun segera melanjutkan perjalananku dengan mencetak foto yang mereka minta dengan bolak balik Medikaloka-Pasar Festival Kuningan (sebenarnya diberi jangka waktu 3 hari kerja untuk menyerahkan pasfoto itu).

Bila tahap pemeriksaan kesehatan telah selesai, maka Anda hanya tinggal menunggu kabar saja dari pihak VFS. Bila Anda dirasa layak, visa Anda pun akan diselesaikan oleh pihak kedutaan dalam masa tiga minggu itu. Bila tidak, sepertinya Anda harus mengulangi bagian yang dirasa kurang sesuai/lengkap.

***

Agus Praditya

About these ads

69 responses to “Membuat Visa – Jepang dan Kanada

  1. mryohan April 26, 2012 at 8:00 am

    Wow.. thanks infonya gus.. btw, kerja dimana lo di kanada gus? :)

  2. Sammy May 5, 2012 at 3:59 pm

    total biaya yg diperlukan saat mengurus keberangkatan ke canada berapa? minta rincinya.. trimakasih gan…

  3. Abi June 8, 2012 at 8:18 am

    mo tanya bro, kalo masuk ke Canada pake visa turis trus cari kerja disana, setelah dapet kerja baru ngurus visa kerja, mungkin gak?

    • watergius June 8, 2012 at 11:27 pm

      gak bisa kalau menurut ane bro.. kl mau ngelamar kerja gitu, perlu bukti2, salah satunya visa. Kalau visa kita turis, gk bakalan dikasih kerjaan kayanya. Dan lagian, visa turis tuh singkat doang waktunya.. :D

  4. dina June 26, 2012 at 9:37 am

    wah kok gue uda 2 minggu lebih semenjak pengajuan aplikasi work visa sampe sekarang blm di panggil2 yah…kira2 eamng proses nya lama atau ada provblem yah?

    • watergius June 27, 2012 at 2:10 am

      ini work visa mana ya mbak? Kanada?
      Kalau saya juga kemarin agak lama sih ngurus work permit Kanadanya, hampir sebulan sejak pengajuan lengkap semua dokumen (termasuk medical check up)..
      Di follow up aja ke VFS (bila menggunakan jasa mereka) atau ke kedutaannya.. :)

  5. tobio June 30, 2012 at 5:15 am

    saya pingin ke kanada menggunakan visa touris tapi kendala nya saya tidak mempunyai sponsor.. gimana yaw solusi????? trus kalo mw kerja juga ada yang bisa bantuin ga yaw untuk sponsor…. saya rencana liburan dulu ke kanada 3 ato 4 hari setelah itu keberangkatan berikut nya baru rencana kerja di kanada… ada yang bisa bantu ga ya??? help please

    • watergius July 1, 2012 at 3:25 am

      yg dimksd dgn sponsor di sini apa ya? Dan kl pingin kerja, kbtln saya diurusin sama perusahaan, jdi krg tahu bnyk detail kl mau ngurus sendiri.. Dan dari bbrp org Asia yg sya temui yg krja di sini tuh, kl bkn lulusan univ Canada, mrka lulusan Amerika yg persis di prbtsn Kanada.. Maaf ya krg bisa membantu.. :)

    • Gie September 17, 2012 at 12:31 pm

      hi tobio. Kalau mau cari info lowongan di Kanada coba aja ke website Elite International Recruitment. Biasanya dia ada vacancies untuk ke kanada.

  6. rian July 18, 2012 at 6:54 pm

    mau tanya nih..untuk bikin visa jepang. ada trik lagi gak biar bisa ngurus di jakarta. (ktp sumatra).soalnya sekarang juga domisili di bandung..jauh klo harus ke medan. udah gak mahasiswa lagi nih.

    • watergius July 18, 2012 at 11:29 pm

      kalau trik-nya saya kurang tahu juga sih, namun baiknya ditanyakan langsung aja ke konsulatnya.. siapa tahu tidak perlu ada wawancara juga sehingga bisa dititipkan untuk dibuatkan oleh kerabat kita..

  7. kania October 15, 2012 at 5:56 pm

    need info please
    perlu bikin janji online dulu ga ke vfs? rekening tabungan 3 bln terakhir itu sampe bln yg sama saat kita apply visa.. atau sampai bln sebelumnya saja? anyway ada yg tau info agent yg bisa membantu dlm pengurusan study dan visa ke canada?

    thanks before..

    • watergius October 20, 2012 at 12:57 pm

      Maaf baru balas ya.
      Kalau saya kemarin kebetulan diurus oleh orang dari kantor, tapi menurut saya ada baiknya hubungi mereka dulu dan tanya mengenai hal ini.
      Kalau rekening itu kemungkinan besar iya.
      Kalau pengurusan study saya kurang tahu, namun kalau pengurusan visa vfs ini adalah salah satu agen, yg berarti melalui mereka kita tidak perlu mengurus langsung ke kedutaan Kanada.

      • allen mamahit February 20, 2013 at 5:39 am

        jadi mas kalo urus lewat vfs ngk perlu interview yah? kalo buat urus visa tourist canada bisa lewat vfs ngk? and can u give me the vfs contact number or email you used?thanks

      • watergius March 18, 2013 at 12:22 pm

        mengenai interview atau enggak itu saya kurang tahu karena vfs atau enggak ya, tapi kalau kita lewat kedutaan emg harus ngebuat janji interview sementara vfs tergantung mereka..

        Kalau ngurus itu coba ditanyakan aja langsung ke mereka.. di google saja, langsung keluar kok alamatnya ntar.. :)

  8. Irma October 20, 2012 at 5:40 pm

    Hi.. Thanks for sharing.. Mau nanya donk.. Kalo pake deposito sebagai pengganti tabungan ( rekening koran 3 bulan terakhir) bisa ga ya untuk apply visa turis? Then.. Untuk stay menggunakan visa turis brapa lama ya? Kalau masa berlakunya visa turis? Maybe you can help me… Thanks anyway…

  9. riki October 24, 2012 at 2:44 pm

    bang saya dapat sponsor neh
    awal cerita dapat email masuk disuruh kirim CV sudah saya kirim,terus dapat balasan lagi suruh scan ijasah terakhir dan juga pasport sudah juga,ada balas yang mengisyaratkan begini
    1. Your medical report issued in the year 2012, showing to us that you are not a sickle cell anemia, and this can be obtained from the nearest hospital or clinic in any location where you are currently residing.

    2. One passport photo size copy and Your last appointment letter or Reference Letter if you are presently working.

    3. Your police statement of character issued in your country or outside your country whether the previous one or current one is acceptable, showing to us that you have not been convicted before or involved in any criminal acts.
    kira2 benar ngak yach??
    ne alamat sponsorshipnya
    Saputo Dairy farms and Foods Company Canada
    Address:4311 12 St Ne, Calgary T2E 4P9,
    Alberta Canada,Tell/Fax 18017309431,
    UK Branch Tell/Fax 447045752936.
    mohon dibalas bisa dengan email
    guilluime_r@yahoo.com

  10. Putrii23 November 1, 2012 at 10:52 pm

    Mas mau nanya dong.. Mohon infonya ya.. Rekening 3bln terakhir minimal harus brp ya supaya gampang urus visa kesana.. Ada info link website yg bs dibuka ga utk info2 mendetail ttg opportunities di canada?? Thx

    • watergius November 4, 2012 at 10:01 pm

      Maaf baru respon sekarang Mbak Putri..
      Kalau besarannya saya kurang tahu ya, soalnya saya tidak mengurus sendiri visanya. Dan juga, sepertinya visa yang saya urus juga berbeda.
      Dan yang dimaksud dengan opportunities ini apa ya? Kerja? Kalau kerja, nyari2 berita dari kijiji.ca ataupun craigslist.ca cukup bnyk, cuma, kynya harus sudah di Kanada kitanya..
      Semoga bisa membantu

  11. reyzvolution November 27, 2012 at 10:40 am

    Hey. Waktu medical check up untuk pengurusan visa Kanada, yg dites apa saja ya? Urine pasti biasanya. Darah, mata, rontgen juga kah?

  12. nurul December 6, 2012 at 4:55 am

    helo mr.agus,am nurul frm madiun,east java,indonesia.
    I was graduated from englsh department in ikip.
    I realy wana work overseas esp in canada. Are there some job vacancies related to my department?
    How about tki who work as nanny or caregiver there?
    I need this information much! Please reply in my e-mail: nurulbadiah95@yahoo.com
    thx a lot.

  13. cahyo pratomo January 29, 2013 at 4:06 am

    maaf nih mau numpang tanya,saya kan sudah urus lewat agent untuk kerja di canda tapi udah ada 8bulan ga ada kepastian selalu bilang tunggu LMO nya turun ntar visa lg online ke embasy canada yg ada disini itu benar apa tidak yah?

    • watergius January 30, 2013 at 1:47 pm

      maaf, yg Anda tanya benar apa tidaknya bagian mana ya?
      Kalau tentang kepastian saya kurang tahu. Kalau saya kemarin diurusnya lumayan cepat, tidak sampai 8 bulan.
      Dan, visa saya ngurusnya tidak ke embassy langsung, melainkan ke VFS (perwakilan resmi Kanada) gt.

    • yudho ahmad diponegoro March 27, 2014 at 12:23 pm

      mas cahyo, apa sudah dapat LMO nya? saya juga tengah menunggu LMO sejak November lalu, dan sampai skrng masih menunggu

  14. ekayana February 14, 2013 at 12:35 am

    Bagaiamana kalau proses yang saya alami sampai 5 minggu..namun hasilnya tnpa ada kejelasan apapun dari agent resmi???

  15. fatur May 7, 2013 at 10:19 am

    mas minta info lowongan kerja di canada donk. saya ingin banget ke canada tapi yangresmi. bagaimana prosesnya trims

  16. RIO May 15, 2013 at 11:54 pm

    hallo mas,saya mau tanya juga nih,saya mau urus visa kerja,krn kebetulan saya sdh d hired ,,dan sdh ada surat2 resmi dr kanada,yg sy bingung,,syb tlp k kedutaaqn kanada,tp kaga ada yg angakt terus,,trus form visa kerja itu bisa d down lod dr internet kan ya…mohon petunjuknya…thanks

    • watergius May 18, 2013 at 7:16 am

      Mas Rio, kalau saya tahun lalu itu tidak mengurus lewat keduataan, tapi lewat agennya, VFS. Kantor mereka di Jalan Jendral Sudirman. Jadi saya kurang tahu mengenai pengurusan lewat kedutaannya langsung ya.
      Coba saya ditanya ke VFS. Makasih.

      • rio June 6, 2013 at 6:20 am

        hallo mas,,,akhirnya saya pake VFS juga,,skr tahap mau medICcal cekup,,klu lg dulu,mas di periksanya apa saja ya,,brpa biayanya yah,,,thanks ya mas brooo

      • watergius June 10, 2013 at 11:12 am

        dulu periksa mata, paru2 (rontgen), tinggi berat badan, tensi, urin, dan konsultasi dengan dokter umum.
        Kalau biayanya tidak salah kurang lebih 800ribuan..

  17. imam nurhadi May 23, 2013 at 8:14 pm

    Hello mas Agus, kemarin saya di suruh medical checkup dan diberi waktu 2bulan. bagaimana cara buat janji dengan kiniknya? minta alamat kinik dan no.telpon yang bisa dihubungi dong.
    soalnya saya domisili di palembang, takutnya datang langsung tidak bisa dilayani dan bingung nyari2 duu tempatnya. trus bayar berapa?
    makasih

    • watergius June 10, 2013 at 11:08 am

      saya juga kemarin datang2 langsung aja dan kebetulan bisa. Tapi, baiknya sih dipastikan aja dulu. Coba cari dari google medikaloka kuningan. alamat pastinya saya kurang tahu, tapi di daerah rasuna sahid, di graha irama kalau tidak salah. :)

  18. imamnurhadi1eng June 7, 2013 at 6:11 am

    mas rio, kemarin tanggal 4 june saya udah medical check up di medikaloka habis biaya Rp 738ribu.
    btw dapet kerja di propinsi mana at Kanada?
    q tinggal nunggu hasil check upnya

    • watergius June 10, 2013 at 11:13 am

      semoga hasilnya baik2 aja mas, jadi bisa langsung berangkat ke Kanada :)
      Saya dulu sempat kerja di Sudbury (Ontario) dan Thompson (Manitoba), tapi sekarang sih dah balik lagi ke Indonesia.. hehe
      Kalau mas dapat kerjanya di mana kalau boleh tahu?

      • imamnurhadi1eng June 13, 2013 at 3:26 pm

        dpt kerja di daerah richmond, BC. dekat vancouver.
        tapi dr tanggal 4juni hingga tgl 14juni juga belum keluar hasil visa? brapa lama lg kira2?
        bgaimana kehidupan disana?culture shock ndak?

      • watergius June 24, 2013 at 2:36 pm

        kalau visa sih emang lama keluarnya, saya aja sampai 1 bulan.. dan, teman saya sampai sebulan lebih malah..

        dibawa enjoy aja.. yg paling kerasa itu pas mau beli sesuatu.. semuanya jadi terasa mahal.. hehe

    • rio August 13, 2013 at 5:58 am

      hallo bro imam,,,u tentu sudah di canada ya,,,dpt kerja apa di sana,,,,sy tgl 10 sept br berangkat,,,saya jauh dr richmond,,saya dpt di edmotton…
      kontrak brpa lama brooo….thnaks

  19. imamnurhadi1eng June 18, 2013 at 12:27 am

    akhirnya sudah jd stelah 10 pasca medical check up, bulan dpan berangkat rncnananya

  20. djemi walla August 4, 2013 at 2:55 am

    mas bro .utk kelengkapan dokumen selain formulir online apa lagi ya yg harus di sediakan buat ngurus work permit??ato sy konsultasi aja dgn vfs .

  21. djemi walla August 7, 2013 at 2:04 pm

    mas bro gmn ngatur menghubungkan employer nya job saya terus data di kirim ke HRSDC depnaker canada untuk di proses sebagai referensi dapatin work permit nya??ya.bila saya dapat job dari sana??

  22. Linda Sanury September 11, 2013 at 6:29 am

    hello semuanya soal vfs itu , kalau kita mau ke sana musti bikin janji dulu kaga yah ?

  23. romi October 7, 2013 at 5:10 am

    halo mas,ma kasih udah bikin blog ini…langsung saja,saya mau tanya,maaf bila ini pertanyaan yg kurang umum..maka perlu bantuan,terutama yg tinggal di ontario,toronto..

    1.,kalo misal kita dapat sponsor dan perusahaan mau apply kan dan bantu kita memberi invitation letter,apa masih perlu juga memberikan info kepada kedubes soal uang jaminan tabungan si calon pekerja ? setau saya uang jaminan beda dengan uang saku..uang jaminan tabungan 6 bulan ke depan itu kalo kita hendak belajar kuliah s1, s2 dan urusan bisnis.. kan kalo kerja,dapat gaji kan?..kalo uang saku sih ya pasti perlu lah…
    mnrt agan2 gimana?

    2.Jika paspor kita kosong/belom buat,apakah bisa deal working visanya?terlepas dari suksesnya perusahaan canada meyakinkan pemerintah canada soal skill kita? karena yg saya baca di internet,perusahaan yg apply visa employe juga kadang tidak tembus dan diijinkan pemerintah canada..Tentu saja perusahaan yg tanggung biaya visanya..

    3. bagaimana sih kemungkinan orang indo dapat working visa,soalnya saya skilled worker,saya baca, banyak philiphina bekerja disana ambil working visa,saya takut peluang saya jadi berkurang..

    jadi gimana menurut agan? thnx

    • watergius October 16, 2013 at 1:20 pm

      maaf baru diapprove ya bro, semoga gak kelamaan balasnya.. hehe

      1. kalau kasus saya kemarin tidak perlu lagi, soalnya ada perusahaan sebagai penjaminnya (plus kita digaji juga di sana)
      2. maksud paspor kosong ini saya kurang paham.. kalau mksdnya kita pertama klinya buat paspor utk ngeapply visa Kanada, bisa2 aja kok.. saya punya bbrpa teman yg aplikasinya diterima juga..
      3. kl secara umum saya kurang tahu ya.. cuma, di Kanada emg bnyk org asing yg masih temporary, nyari kerja sambilan sampai dpt permanen resident..

      regards,

  24. Rahim November 2, 2013 at 5:19 pm

    i love you canada

  25. dedi efendi December 14, 2013 at 4:02 pm

    mo tanya nh!,untuk mengetahui visa kita udah turun gmn?

    • watergius December 23, 2013 at 6:53 am

      maaf baru balas..
      kalau untuk Visa Jepang, dulu saya minta tolong dibuatin keluarga, jadi kurang tahu..
      Kalau Visa Canada, karena saya buatnya lewat VFS, bisa dicheck lewat web mereka..

  26. Wahyu Arie Cahyadi March 18, 2014 at 4:08 am

    Ms sy mo tnya nch !? pngurusan visa kerja ke kanada ap di interview jg ? jk iya interview nya pke bhs inggir or indo . trims…

  27. intan April 9, 2014 at 11:18 am

    mo tnya nih mas, saya punya tabungan ga banyak sih, tp saya nabung dari bulan desember 2013 n saya punya pacar yang siap bikin surat sponsor…bisa ga yah dgn jumlah tabungan under 50 juta :p btw minta emailnya donk :) thx

    • watergius April 30, 2014 at 7:09 am

      Wah mbak, saya kurang tahu nih jawabannya. Boleh coba langsung diemail ke kedutaan atau gak ke vfs-nya ya :)
      Kalau email ada di bagian informasi tentang saya.. ( radit_neo11[at]yahoo[dot]com )

  28. Astri June 9, 2014 at 8:41 am

    Hi .. hi..
    mau tanya kalo untuk jumlah tabungan yg harus disiapkan, berapa yah ? saya dengar2 50 jt ?

    trs yg saya lihat utk pembuatan visa ( http://www.canadainternational.gc.ca/indonesia-indonesie/visas/fees-frais.aspx?lang=ind#Fee_Schedule ) , masih terjangkau harganya. tp apakah harga tsb bisa lebih mahal ?

    mohon bantuan jawaban :)

    • watergius June 13, 2014 at 9:20 am

      maaf baru balas..
      wah, saya kemarin diurusin sama kantor, jadi kurang tahu.. tabungan saya malah lebih kecil dari 10 juta waktu itu.. hehe

      kalau harga pembuatan visa, coba dicek ke kedutaannya saja atau vfs ya :)

  29. Dava July 30, 2014 at 7:02 pm

    Mas Agus mau nanya deh klo urus visa kerja nih utk di Kanada. Pihak kedutaan minta akte kelahiran kita juga ga sebagai salah satu syarat sekian pasport. Makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 246 other followers

%d bloggers like this: