Watergius's Journal

The world as I see it

masalah subtitle di mpc windows 7 akhirnya selesai

Awalnya adalah error yang dialami hd external gue yang gak bisa di safely remove (ngeselin bangat tuh) padahal di windows punya orang lain bisa. Setelah cari sana cari sini, coba sana coba sini, akhirnya ketemu deh solusi satu-satunya …. windows xp sp 2 gue harus diinstal ulang… (sia-sia banget gue cari sana cari sini, gak nemu solusi yang memuaskan )

Yang paling berat adalah saat harus berpisah dengan windows xp yang telah ada di laptop gw sejak awal pembelian… hihihi (ni ketawa atau sedih sih). Anyway, akhirnya gue relain juga tuh windows di format.

Awalnya pingin nginstal windows xp juga, tapi setelah dipikir matang-matang, sayang dah mulai bosan juga gue dengan win xp… kenapa gue gak cobain windows 7 aja …

benar juga ya. Akhirnya gue memutuskan akan menginstal windows 7 setelah merenung 1 hari 1 malam (buset dah, lama amat… kapan nginstallnya bung …. )

setelah sejaman penuh perjuangan, akhirnya laptop gue telah memiliki OS baru, Windows 7 .. Tapi, yang bodohnya gue karena saking sotoynya, gue nginstallnya yg home basic …

gue kirain tuh yang paling bagus. Tahu2nya, saat di kampus, kata teman gue sayang amat.. kenapa gak sekalian ultimate, kan biar langsung maknyus gitu….

iya ya, mulai deh timbul penyesalan. Tapi gue malas banget harus nginstal ulang lagi. Akhirnya setelah di tanya ke mbah google, ketemu deh cara upgradenya.. untung deh … hehe

ternyata caranya mudah banget. lo cuma perlu buka control panel -> System and Security -> Windows Anytime Upgrade -> Enter an Upgrade Key -> lalu lo masukin serial number windows ke mana lo pingin upgrade (dalam kasus gue adalah serial number windows 7 ultimate)  -> lalu pilih next dan tunggu proses verifikasi serial key. Jika berhasil, maka windows akan memulai proses dengan sendirinya, dan voila, windows gue akhirnya menjadi ultimate … gue pun bisa bernapas lega…

ternyata, saat pingin refreshing menonton film menggunakan mpc (media player classic), subtitlenya malah gak bisa di load padahal tuh subtitle di embedded lo di filenya…

apes banget kayanya gue.. Tapi, dengan semangat 45 dan tekad yang teguh (ya elah, mau perang bung..), gue pun lagi-lagi bertanya kepada mbah kita yang serba tahu …

akhirnya gue dapat ni link dan kira-kira beginilah cara yang gue tempuh :

Q: Subtitles are not displayed in Media Player Classic on Windows 7
A: Two solutions:

  1. Make DirectVobSub a preferred filter:
    MPC Options -> External Filter -> click “Add Filter…” -> select “DirectVobSub (auto-loading version)” and click OK -> choose “Prefer”
  2. Enable the internal subtitle filter:
    MPC Options -> Playback -> enable “Auto-load subtitles”

Solution 2 is required if you want to use DXVA hardware accelerated video decoders.

Q: Subtitles flicker rapidly in Media Player Classic on Windows 7
A: This problem can be solved by disabling subpicture buffering. This problem does not occur on older versions of Windows.

MPC Options -> Subtitles -> set “Number of subpictures to buffer ahead:” to 0.

The only negative effect of changing this setting is a slight increase in CPU usage.

sumber : http://www.codecguide.com/faq_subtitles.htm

2 responses to “masalah subtitle di mpc windows 7 akhirnya selesai

  1. suhendra April 25, 2011 at 5:54 am

    mau tanya nih gan,knapa windows anytime upgrade ane ga bisa di buka, selalu muncul (X) windows anytime upgrade is not in this edition of windows?

    • watergius April 25, 2011 at 11:52 am

      waktu pingin upgrade laptop saudara gw juga pernah gitu gan.. waktu ane lihat produk ID wind7-nya, product ID-nya not available .. gw pikir sih karena itu laptop dah dibeli satu paket dengan Wind 7-nya, makanya wind7-nya gak bisa diupgrade.. kalau mau, diinstal ulang lagi si Windows 7-nya gan..

Leave a Reply

