Watergius's Journal

The world as I see it

proxy tempat KP “handal”, gak lagi..

Tulisan ni bermula dari kekesalan gue yang gak bisa buka facebook di P3B Gandul..

Oke, mungkin hal itu bisa diterima. Facebook bisa mengurangi produktivitas karyawan, awalnya sih gue mikirnya gitu.

Tapi, lama-lama gue makin kesal. Ternyata gak cuma fb doang yang gak bisa dibuka, bahkan blogspot juga turut menjadi korban.. apa2n tuh.. ><

Akhirnya, dengan tekad yang bulat gue menelusuri mbah google. Gue ketik kata “anonymous proxy”. Dengan lambatnya si browser ngeloading, tahu-tahunya tuh browser ngeluarin kata-kata kaya ginian :

Access Denied (policy_denied)

Your system policy has denied access to the requested URL.

For assistance, contact your network support team.

sialan, dah cape2 nunggu loadingnya..

“ngeri juga nih proxy”, pikir gue..

*******

Akhirnya pagi hari nih (23 Juni), gue ngirim sms ke beberapa orang yang boleh dikatakan ahli dalam networking. Gue nanyain gimana caranya buka situs yang diblokir dengan menggunakan vpn itb soalnya gue pernah dengar hal itu memungkinkan untuk dilakukan.

Dari beberapa orang yang gue tanyain, yang replay hanya dua orang doang..

Baim : ym loe apa? lewat ym aja… (“Wah, kayanya Baim bakalan ngajarin banyak trik nih”, gue berpikir dalam hati sambil ngirim ym gue ke Baim)

Wahyu : dah gak bisa lagi Gus, dah semakin diperketat.. ( si Wahyu ngirim nih sms setelah si Baim gue buat bingung dengan koneksi vpn gue, yang kata indikatornya sih dah connect tapi gak bisa ngeping ip virtual di vpn-nya.. apa maksudnya, gue juga bingung, coba tanyain Baim aja.. haha)

*******

Tak ada harapan lagi dengan vpn, si Baim ngajarin beberapa trick..

pertama: pakai google translate

gimana caranya:

loe buka aja tuh google, trus cari trasnlate (terjemahan).. nah, ada form isi tulisan yang ingin diterjemahkan kan tuh.. Masukin aja situsnya di situ. Perlu diingat, fromnya loe isi dengan bahasa non-Indo sedangkan to-nya loe isi dengan Bahasa Indonesia.. Jangan kebalik, kalau gak loe bakalan bingung sendiri buat ngebacanya.. boleh aja sih, asal lo tahu bahasa Zimbabwe, kaya yang gue alamin saat pertama kali nyoba-nya… haha

NB: cara nih cukup ampuh, namun untuk situs2 yang membutuhkan login (misalnya fb), saat loe masukin tuh user dan passwd, dia bakalan ngedirect sendiri ke situs sebenarnya.. Jadi, aksi loe bakalan gagal 100% ..

So, for me it’s not working…

kedua: masukin IP Address ke browser

Cara nih sebenarnya cukup ampuh, namun untuk kasus gue, ntah kenapa saat login ke fb lagi2 terhadang oleh proxy..

ketiga : menggunakan add-ons phzilla (sebenarnya gue dah tahu sebelum diajarin Baim)

caranya : cari aja addons mozilla yang namanya phzilla atau phproxy.. Selama nih gue pakai nih proxy di kampus dan oke2 aja. Tapi, ntah kenapa di tempat nih phzilla pun di buat K.O

keempat : menggunakan software JAP (paling maknyos)

dalam keputusasaan gue, si Baim pun ngirim nih link : http://141.76.45.38/

Saat gue baca-baca, ternyata itu semacam proxy stand-alone yang berbasis java. Gak ada pilihan lain, akhirnya gue pun memutuskan untuk mencoba peruntungan. Sebenarnya gue agak malas juga ngedownloadnya bila melihat ukurannya yang 17-an MB dan  dengan kecepatan download di tempat nih yg seperti ini :

bytes Bo, kebayang gak loe..

akhirnya, setelah sempat tertidur , downloadan gue pun selesai.. Saatnya buat uji coba nih program..

Setelah diinstal dan disetting (ikuti aja langkah-langkahnya), saatnya uji coba..

bim salabim, avara kedabra,  facebook dan kaskus pun berhasil gue buka… horee.. hampir gue berteriak man.. haha

Dan berdasarkan uji coba yang dilakukan teman satu tim saya di P3B, ternyata rapid dan 4shared juga berhasil dia taklukkan…

*******

Demikianlah kabar dari P3B Gandul…

No more annonying proxy..

Agus Praditya T

2 responses to “proxy tempat KP “handal”, gak lagi..

  1. fatur December 17, 2010 at 11:06 pm

    halaman fb terus bemasalah atau tidak conec teruss…..gimana ini agar conecs ,,,??? terimakasih.

    • watergius December 18, 2010 at 1:05 am

      selamat pagi mas..
      saya kurang ngerti dgn pertanyaannya?
      mksdnya fb tidak bisa connect dgn menggunakan jondo atau tanpa jondo ya?🙂

Leave a Reply

