Watergius's Journal

The world as I see it

jangan edit psd gede saat disk space penuh

pernah gak lo nemuin file psd (ekstensi filenya si photoshop) yang ukurannya puluhan megabyte (MB) ? Pernah!! Kalau yang sampai 100-200-an MB gimana? Atau mungkin 700-an MB…?? gile, gede amat filenya.. dah kaya 1 file film berekstensi avi dengan resolusi standar aja..

yupz, itulah yang gue dapatkan pagi ni, bahkan gue ngambil screen shootnya ni:

“file apaan segede itu?”

File ni adalah contoh print ad dari lomba l’oreal goes to campus yang gue ikutin. Isinya adalah Laudya Chyntia Bella dengan produk Garnier Light. Intinya semacam iklan gitulah, tapi ni versi cetaknya.

*************************************

Kini file tuh dah gue buka di photoshop (loadingnya lama bangat… mungkin karena laptop gw  jadul kali ya.. haha)

Wah, ternyata tiap layernya masih terpisah. Malah dikasih foldernya lagi.. Mudah dong nih, tinggal gue drag and drop aja. Trus modifikasi dikit-dikit, pikir gue dalam hati.

Gw dah sempat drag and drop beberapa folder layer dari file yang dikasih tuh ke file psd gw yang baru ketika secara tidak sengaja gw memperhatikan status drive C gw di My Computer. Gila, indikasinya dah berwarna merah.. Drive C (Sistem) gw yang free tinggal 700-an MB lagi. Tadi pagi gue periksa space kosongnya masih 3,6 GB, kok tiba-tiba penuh gini…

Hal pertama yang terlintas di pikiran gw adalah virus. “Pasti kerjaan virus yang bisa ngegandain diri nih”, pikir gue.. Tapi kok bisa ya, antivirus gw bekerja kok dan update lagi. Pasti ada hal yang lain nih.. Oh ya, file temp-nya. Langsung tuh gw jalanin Tune Up FreeUp Disk Space. Lah, cuma 70 MB unnecessary filenya. Kagak mungkin juga dong..

Udah deh, masa bodoh dengan itu.. Bentar lagi deadline pengumpulannya nih, gw harus fokus.

Nah, saat sedang berusaha mengcopy (atau drag and drop) folder layer yang cukup gede, si windows atau photoshopnya ya, ngeluarin semacam pop up gitu.. Isinya adalah disk space yang dibutuhkan untuk melakukan transfer file tersebut tidak mencukupi lagi. Hah.. gw sempat bengong juga. Apaan nih maksudnya.. Lalu gw teringatlah akan space drive C gw yang berkurang secara misterius. Ternyata ini toh biang keladinya..

Akhirnya saya menyimpulkan janganlah mengedit file photoshop yang ukurannya ratusan MB kaya gituan, kasihan laptop/komputer lo.. haha.. Tapi kalau laptop/komputer lo canggih si kayanya gak apa.. Dan kalaupun terpaksa, usahakan ada free space yang cukup besar di Drive C (Sistem)-nya..🙂

Leave a Reply

