Watergius's Journal

The world as I see it

Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia

ditulis oleh : Agus Praditya T

kategori penulisan : Teknis/Informasi

Pernahkah Anda bermimpi akan sebuah mobil keluarga yang ideal ? Apa yang ada dipikiran Anda? Desainkah? Keselamatan? Atau mungkin harga ?

Kini Toyota hadir untuk menjadi solusi atas pertanyaan Anda tersebut. Kehandalan mesin, keselamatan penumpang, dan kenyamanan penggunanya menjadi hal-hal yang sangat diperhatian oleh Toyota dalam mendesain sebuah mobil keluarga ideal terbaik Indonesia. Namun tidak hanya itu sebab Toyota juga turut mendengarkan keinginan Anda akan sebuah mobil keluarga ideal dengan harga yang terjangkau.

Berbicara tentang kehandalan mesin, Toyota menggunakan tiga jenis teknologi canggih dalam menghasilkan sebuah mobil keluarga ideal dengan fokus utama terhadap penghematan bahan bakar, ramah lingkungan, dan efisien. Ketiga teknologi tersebut adalah Common Rail, VVT-i (Variable Valve Timing Intelligent), dan EFI (Electronic Fuel Injection).

Common Rail merupakan teknologi mesin yang digunakan dalam mobil Toyota Dyna ataupun Toyota Hi-lux. Common Rail atau biasa disebut D4D Common Rail ini akan digunakan untuk menyimpan bahan bakar yang telah diberi tekanan oleh supply pump sebelum disalurkan ke injektor. Kemudian ECU (Electronic Control Unit) dan EDU (Electronic Driving Unit) akan mengontrol volume dan waktu injeksi bahan bakar tersebut ke tingkat  optimal dengan cara mengoperasikan dan menutup injektor-injektor yang ada sesuai dengan perintah dari sensor, sama seperti sistem EFI yang digunakan pada mesin bensin.

Mesin Toyota D4D ini tidak hanya dikenal dari linearnya torsi yang dihasilkannya (kelinearan torsi merupakan karakteristik mesin diesel modern), namun juga dari kemampuannya untuk menghasilkan daya dan torsi yang maksimum. Teknologi modern yang digunakannya menyebabkan pompa bertekanan tinggi, common rail, dan injector yang dikendalikan oleh komputer, menyalurkan bahan bakar dengan jumlah yang tepat ke tiap silinder mesin pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat dan pengukuran bahan bakar inilah yang menyebabkan dihasilkannya pembakaran yang sempurna dan emisi gas buangan berbahaya yang rendah. Dan injeksi common rail inilah yang akan menghasilkan daya dan torsi maksimum untuk suatu range rpm sehingga menghasilkan kinerja dan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Selain itu, pembakaran yang sempurna tersebut juga akan mengurangi penggunaan bahan bakar yang tidak perlu sehingga akan lebih hemat dari sisi ekonomi.

Teknologi mesin yang kedua adalah VVT-i, yang merupakan teknologi mesin yang paling banyak digunakan pada mobil-mobil hasil produksi Toyota, seperti Avanza, New Camry, Corolla Altis, dan Inova. Teknologi ini dikembangkan atas pengamatan akan waktu valve overlap yang tetap pada teknologi sebelumnya.

Apa itu valve overlap dan apa pengaruhnya bila waktunya tetap?

Valve overlap merupakan kondisi saat katup intake dan katup pembuangan pada mesin terbuka dalam waktu yang bersamaan. Efek samping yang dihasilkan bila kejadian ini memiliki waktu yang tetap (fixed timing) adalah pemborosan bahan bakar, emisi gas berbahaya yang tinggi, dan daya output yang tidak maksimum. Jadi, dengan cukup banyaknya kerugian yang dihasilkannya, para engineer pun memikirkan cara untuk mengatasinya sehingga dihasilkanlah Variable Valve Timing.

Variable Valve Timing memungkinkan hubungan antara intake (pemasukan) dan exhaust (pembuangan) camshaft terpisah sehingga dapat memvariasikan waktu valve (katup) yang tumpang tindih. Hal tersebut kemudian akan mengatasi efek samping yang disebutkan di atas itu yakni dengan menggunakan komputer untuk terus memvariasikan waktu intake valve. Penyesuaian valve timing dan overlap ini dilakukan melalui serangkaian mekanisme sederhana untuk memastikan kondisi optimum terjadi pada semua rentang daerah kerja. Dan keuntungan yang akan dihasilkannya adalah konsumsi bahan bakar yang rendah, emisi gas buang yang kecil, dan daya output yang lebih besar. Dan karena sistemnya yang selalu berubah, huruf i yakni intelligent ditambahkan ke dalam singkatannya.

Teknologi yang terakhir adalah EFI. Electronic Fuel Injection ini merupakan teknologi mutakhir yang bekerja lebih baik. Penggunaan mesin yang dikendalikan oleh komputer akan menyebabkannya dapat dinyalakan lebih mudah dan lebih driveable. Keuntungan lainnya adalah peningkatan efisiensi penggunaan bahan bakar dan mengurangi emisi. Tidak hanya itu, mesin EFI juga dapat melakukan respons yang lebih cepat dan tepat untuk mengubah level kecepatan ataupun supercharger.

Kini, bagaimana penilaian Anda terhadap produk Toyota setelah membaca sekilas tentang teknologi mesin yang digunakan pada mobil-mobil yang dihasilkannya? Sudahkan Anda setuju bila mobil produksi Toyota merupakan mobil keluarga ideal terbaik Indonesia? Jika Anda masih berkata belum cukup, baiklah, mari kita bicarakan sisi keselamatannya.

Dari segi bodi mobil, Toyota memberikan perlindungan terbaik untuk konsumennya. GOA (Global Outstanding Assesment) yang digunakan oleh Toyota akan menahan efek benturan yang dihasilkan oleh berbagai bentuk kecelakaan. GOA ini sendiri terdiri dari bodi ideal penyerap energi tingkat tinggi dan sebuah kabin dengan kekuatan yang tinggi.

Dari sisi pengereman, Toyota menawarkan ABA (Automatic Brake Assistant) yang akan membantu menaikkan daya pengereman pengemudi dalam keadaan darurat. Sistem pengereman ini dikendalikan oleh komputer dan akan bekerja saat pengemudi membutuhkan daya pengereman yang besar, seperti saat pengereman darurat, saat menuruni bukit, atau saat kendaraan penuh dengan penumpang atau barang. Dan cara komputer tersebut untuk menentukan butuh tidaknya daya pengereman yang kuat didasarkan atas hasil pengukuran kecepatan penerapan pedal rem atau jumlah kenaikan tekanan master cylinder rem.

Untuk melengkapi teknologi ABS di atas, Toyota juga menggunakan EBFD (Electronic Brake Force Distribution) yang akan mendistribusikan daya pengereman secara tepat diantara roda-roda depan dan belakang, serta diantara roda-roda kanan dan kiri sesuai dengan kondisi pengereman yang dilakukan. Dan kemudian, saat roda-roda menjadi terkunci akibat dilakukannya pengereman, ABS akan menggunakan komputer untuk mengatur tekanan hidrolik pada slinder-slinder roda dan piston rem piringan agar roda-roda tersebut tidak terkunci lagi. Hal ini dimaksudkan agar kendaraan tetap stabil dan tidak tergelincir.

Sisi keselamatan yang terakhir adalah SRS (Supplement Restraint System) Airbag. SRS ini, bersama-sama dengan sabuk pengaman, akan meredam benturan yang diberikan kepada kepala dan wajah selama terjadi tabrakan. Saat sensor-sensor mendeteksi adanya benturan dari depan maupun samping, sensor airbag yang berada di tengah akan memicu gas propellant untuk segera mengembangkan airbag secara langsung.

Sebagai pelengkap teknologi mesin yang canggih dan sisi keselamatan yang protektif terhadap keselamatan konsumen, Toyota tak lupa akan sebuah aspek lain yang tak kalah pentingnya, yakni sisi kenyamanan. Dengan aspek yang terakhir ini lengkap sudahlah keseriusan Toyota dalam menghasilkan produk mobil keluarga ideal terbaik Indonesia. Adapun sisi kenyamanan itu sendiri terdiri atas steering switch, HID auto leveling, dan power steering.

Steering Switch merupakan paket switch atau tombol yang menyatu pada steering mobil. Tombol-tombol tadi akan memungkinkan pengemudi dapat tetap memilih lagu-lagu favorit mereka dan mengatur volume audio mereka sesuai dengan yang diinginkan selama berkendara tanpa perlu melepaskan pegangan mereka dari steering mobil.

Sementara itu, teknologi HID (High Intensity Discharge) sendiri akan memberikan nyala lampu yang lebih terang dan juga membantu mempertahankan umur hidup lampu yang lebih lama. Dan dengan auto leveling-nya, arah sinar lampu utama akan dapat diatur secara otomatis untuk menyesuaikannya dengan level posisi kendaraan sehingga tidak akan menyilaukan pengendara lain namun tetap menjaga jarak pandang pengemudi.

Faktor kenyamanan terakhir yang ditawarkan adalah power steering. Dengan power steering ini Anda akan dapat mengendalikan kemudi secara lebih ringan sehingga tetap merasa nyaman dalam mengemudi. Secara lebih spesifik, power steering ini akan menambah daerah kontak permukaan ban ke jalan tanpa menyebabkan kemudi (steering) terasa berat. Dan teknologi ini sendiri merupakan teknologi yang banyak digunakan pada kendaraan besar, namun Toyota telah mengadaptasinya untuk digunakan pada produknya.

Kini, lengkap sudahlah ketiga aspek yang menjadi fokus pengembangan produk-produk Toyota dalam menjadikannya sebagai mobil keluarga ideal terbaik Indonesia. Namun tunggu dulu, bagaimana dengan harganya?

Harga produk-produk Toyota ini sendiri sangat bervariasi, namun masih dalam batas-batas yang wajar untuk sebuah mobil keluarga. Untuk melihat daftar harga lengkapnya sendiri Anda dapat mengakses halaman web ini : www.toyota.astra.co.id/.

Jadi, apakah Anda tertarik dengan mobil-mobil buatan Toyota? Menurut saya, sudah selayaknyalah Toyota menjadi Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia.

sumber penulisan mengenai teknologi, kenyamanan, dan keselamatan mobil : http://www.toyota.astra.co.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: