Watergius's Journal

The world as I see it

Interview Pertamaku

Rabu, 22 Desember 2010

 

Hampir sebulan yang lalu saat aku mengirimkan formulir aplikasi Toshiba melalui Toshiba Global Recruitment. Dan hampir dua bulan yang lalu saat aku sibuk untuk mencari tiket pulang ke Medan hingga berhasil mendapatkan tiket pulang untuk tanggal 23 Desember, dengan harga yang wajar. Lalu, Senin yang lalu, tanggal 20 Desember, tepatnya saat sedang berada di ruang rapat STEI mengikuti presentasi seminar TA I, aku di telepon yang mengatakan bahwa aku akan mengikuti wawancara sehubungan dengan Toshiba Global Recruitment yang akan diadakan pada hari Rabu ini, 22 Desember 2010. Wow, tepat sehari sebelum aku pulang ke Medan.

Entah mengapa aku masih merasa hal ini lebih dari sebuah kebetulan. Sebenarnya aku bisa pulang lebih awal sebab tanggal 15 yang lalu merupakan hari terakhir ujianku. Aku bahkan sempat agak sedikit menyesal membeli tiket pulang terlalu lama sebab di sini, Bandung, aku tidak punya hal yang lain yang ingin dilakukan. Lebih baik cepat pulang malah, bertemu dengan keluarga. But, you know, He knows more.

Jadilah aku di sini, Bandung, di pagi hari ini, bersiap untuk mengikuti wawancara kerja pertamaku. Ternyata banyak juga hal lain yang baru kulakukan hari itu, seperti pertama kalinya memakai kemeja lengan panjang lengkap dengan celana bahannya. Dan satu lagi adalah pertama kalinya memakai sepatu van tofel (mudah-mudahan benar penulisannya—sepatu kerja pria yang biasa dipakai ke kantor). Ya, pertama kalinya, dan itu pun meminjam punya temanku, Ivan. Haha..

Memasuki ITB Career Center aku langsung disuruh oleh seorang bapak yang sudah menunggu dari tadi untuk masuk ke suatu ruangan. Di ruangan itu aku diberi selembar kertas dan disuruh untuk menceritakan tentang diriku, sebanyak mungkin, dengan menggunakan bahasa Inggris, dan dalam waktu 20 menit. Untung sebelumnya aku telah pernah menulis hal yang serupa untuk suatu program beasiswa sehingga hal itu tidak terlalu menyulitkan. Ya, walaupun sedikit banyak aku harus berusaha untuk mengingat-ingat kembali apa yang pernah kutuliskan.

20 menit pun berakhir. Tibalah saatnya untuk wawancara. Aku benar-benar sangat deg-degan (gugup mungkin lebih cocok untuk menggambarkannya) saat diarahkan menuju ruangan si pewawancara. Perjalanan sepanjang lorong menuju kantor pewawancara seakan sangat cepat. Tak terasa aku sudah duduk di sini, di sebuah bangku yang posisinya tepat berhadapan dengan si pewawancara (ya iyalah, kalau membelakangi si pewawancara bisa-bisa ntar melihat contekan dong.. haha). Ternyata yang melakukan wawancaranya orang Toshiba dari Jepangnya langsung, dan tentu saja bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Tapi sepertinya kalau kau dapat berbicara dalam bahasa Jepang, wawancaranya mungkin dalam bahasa Jepang kali ya.

“Karena ini merupakan wawancara pertama, maka saya akan menanyakan hal-hal yang umum saja”, kata dia kepadaku. Dan wawancara pun dimulai.

Seperti wawancara kerja pertama lazimnya (kayanya sih, ni juga baru pertama kalinya aku ikut wawancara), pertanyaan yang diajukan itu pun seputar menceritakan tentang diri kita (kelebihan dan kelemahan), mengapa mengambil jurusan ini (dalam kasusku Power), mengapa memilih kerja di Toshiba, mengapa memilih posisi ini di Toshiba (sesuai formulir aplikasi di Toshiba Global Recruitment yang kita isi), pingin gak jadi bos Toshiba.. hehehe (gak deng, ni gak termasuk dalam pertanyaan.. bisa bingung gw mau jawab apaan.. haha)

15 menit-an pun berlalu di dalam ruangan itu. Aku gak tahu pasti sebenarnya, namun sepertinya sekitar segitu. Aku pun diberitahu bahwa pengumumannya akan diberitahu pada akhir bulan ini, yang mana merupakan akhir tahun juga. Dan kalau aku lulus, wawancara berikutnya akan diadakan tanggal 7 atau 8 Januari tahun depan. Harus dipercepat dong aku baliknya ke Bandung.. hehe (mudah-mudahan lulus.. Amin).

 

 

Leave a Reply

