Watergius's Journal

The world as I see it

knowledge sharing from ekskursi (day-3)

Rabu, 12 Januari 2011

****************************

Mess Suralaya yang kami tinggali selama dua hari ini habis sudah kontraknya. Karenanya, sudah saatnyalah kami meninggalkan Cilegon dan menuju ke ibukota. Lamanya perjalanan menyebabkan hanya satu perusahaan sajalah yang memungkinkan untuk dikunjungi pada hari ini, yakni PLN PusLitbang.

Selain informasi yang bisa kita dapatkan dari website Puslitbang itu sendiri, ada beberapa hal lain yang berhasil direkam oleh memori saya untuk kemudian dituliskan di sini:

  • Bisnis intinya adalah penelitian dan pengembangan, kegiatan jasa teknis, serta manajemen pengetahuan.
  • PLN Puslitbang juga berperan dalam menentukan SPLN (Standar PLN) yang lebih ketat dibandingkan SNI dan IEC. Apa maksudnya ? (ni merupakan pertanyaanku selesai diadakannya presentasi oleh pihak PLNnya ) -> IEC itu mengacu pada kebutuhan seluruh dunia dan Indonesia hanyalah satu dari sekian banyak negara-negara itu. Maka, dari sekian standar2 dalam IEC, kita harus memiliha standar2 yang sesuai dengan kita sehingga dia lebih ketat dan spesifik.
  • PLN Puslitbang sebagai pusat R&D PLN seharusnya menjadi center of excellence
  • Riset-riset yang dilakukan oleh PLN Puslitbang harus mengikuti instruksi/permintaan dari PLN Pusat, walaupun terkadang PLN Puslitbang dapat melakukan improvisasi.
  • PLN, sebelum membeli atau menggunakan peralatan listrik, melakukan pengetesan alat di sini dan oleh PLN Puslitbang. Hal ini dimungkinkan karena PLN Puslitbang memiliki lab2 yang cukup lengkap. Hanya saja, untuk peralatan dengan daya besar mereka tidak memiliki fasilitas ujinya. Karenanya, cara yang dilakukan adalah dengan melakukan pengujian secara langsung di perusahaan tempat barang yang bersangkutan di beli (misalnya Transformator Power), dan tentunya berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.
  • Biaya pengujian akan dikenakan apabila pihak yang meminta untuk dilakukan pengujian adalah non-PLN. Dan biayanya itu sendiri katanya akan masuk ke PLN Pusat.

Berikut adalah beberapa lab uji di PLN Puslitbang yang diperbolehkan untuk diambil gambarnya

 

lab uji tegangan tinggi

 

lab uji tegangan tinggi

 

kabel yang diuji

 

pengujian kabel

 

lab uji tegangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: