Watergius's Journal

The world as I see it

Muara – Danau Toba

Senin, 3 Januari 2011

*******************

Pukul 09.00, kami meninggalkan Siantar menuju Muara.

*****

Muara, daerah yang terkenal dengan buah mangganya –  inang udaku berasal dari situ dan pernah membawakan buah mangga yang cukup banyak, dan pastinya enak. Lagipula, tiap kali kau membeli mangga di kota Parapat, pasti dikatakan ini mangga Muara, walaupun kebenarannya tidak mungkin kau pertanyakan.

Muara, daerah yang terkenal dengan keindahannya – aku pernah membacanya di salah satu artikel di media cetak. Katanya, Muara merupakan tempat lain untuk melihat keindahan Danau Toba, bahkan lebih indah dari Parapat..

Muara, kampung mamaku, Siregar – Ada beberapa marga yang berasal dari Muara dan salah satunya adalah Siregar. Sayangnya keluarga mamaku tidak ada lagi yang tinggal di situ sehingga perjalanan kali inilah pertama kalinya aku ke Muara.

*****

Hampir 3 jam lebih sejak kami meninggalkan Siantar. Bandara Silangit, yang berada di jalan masuk menuju Muara, menandakan kami sudah dekat.

 

lokasi Muara yang dekat Pulau Sibandang, bagian bawah Danau Toba

©James P Pardede

******

Benarlah bahwa pemandangan dari daerah ini lebih indah dibandingkan Parapat. Dan dengan kamera handphone, aku berusaha mengabadikan moment sepanjang perjalanan menuju kota Muara-nya..

beberapa gambar Muara dari jarak dekat (sayangnya masih hasil “jepretan” orang– menunggu punya duit untuk beli kamera..🙂 )

©tanobatak.wordpress.com

©Peter Chandra

******

Sore hari, di dermaga Muara, oppungku (bahasa Batak kakek) bercerita akan banyak hal. Beberapa hal yang kutangkap dan sepertinya penting untuk diketahui bagi sebagian besar orang :

* Selain Pulau Samosir, ada pulau lain yang terletak di Danau Toba dan benar-benar terisolasi dari daratan Sumatra. Pulau ini dikenal dengan nama Pulau Sibandang. Pandanglah dari dermaga Muara dan kau akan melihat pemukiman di pulau itu.

 

pulau samosir dan pulau sibandang

* Danau Toba adalah Danau Air Tawar di tengah pulau Sumatra dan Pulau Samosir adalah pulau di tengah pulau. Namun, pernahkah kau tahu danau di tengah danau. Ya, di tengah-tengah pulau Samosir masih terdapat dua danau lagi, Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Saya sendiri belum pernah ke danau-danau tersebut, namun dari gambaran google earth posisinya kira-kira seperti ini :

 

Danau Sidihoni - google earth

********

Mengunjungi Muara tak lengkap rasanya bila kau tidak mengunjungi Huta Ginjang atau dikenal juga dengan nama Panatapan.. Sayangnya, pada tanggal 3 Januari 2011, tepatnya pada sore harinya, hujan turun dengan deras. Rencana untuk ke situ pun batal..😦

Biarlah kunjungan pertama ini sebagai awal kunjungan berikutnya. Menjelajahi lebih jauh lagi, menangkap momen dan keindahan itu..

 

One response to “Muara – Danau Toba

  1. gobatak June 24, 2011 at 5:13 pm

    Huta Muara Nauli, pesona pemandangan yang menajubkan. Apalagi pulo sibandangnya tersohor dengan penghasil mangga terbesar di muara. Postingannya mantap, foto2nya seakan-akan membawa kita berada di lokasi nan indah mempesona.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: