Watergius's Journal

The world as I see it

Jasa Konstruksi dan Kelistrikan Indonesia

Sabtu, 30 April 2011

***

Pagi ini, sekitar pukul 10.00 WIB,  kuliah umum yang diadakan di Auditorium CC Timur ITB mengambil topik “Tantangan Proyek Kelistrikan Indonesia di Masa Depan“. Pembicaranya sendiri ada dua orang, yakni :

  1. Dr. Ir. Herry Winarno (Presiden Direktur PT. Meta Epsi Engineering)
  2. Ir. Agus Sofiandi (Direktur Utama PT. Indokomas Buana Perkasa)

Kedua pembicara ini menanggapi topik yang diberikan di atas dengan meninjaunya dari sisi jasa konstruksi sesuai dengan bidang yang mereka geluti. Pak Herry, selaku pembicara pertama mengambil judul ” Mengoptimalkan Peluang Industri Jasa Konstruksi Menyonsong Masa Depan yang Lebih Baik” dan Pak Agus, selaku pembicara terakhir mengambil judul ” Contracting Company

***

Sebelum berbicara tentang peranan jasa kontruksi terhadap kelistrikan di Indonesia, mari kita coba lihat sejenak beberapa kondisi sektor kelistrikan kita tersebut :

* Rasio elektrifikasi totalnya berkisar 65 % dan masih terpusat di pulau Jawa

* Terdapat sekitar 140 juta orang di pulau Jawa yang menggunakan kebutuhan listrik sekitar 24.000 MW (76%), sekitar 50 juta di pulau Sumatra yang menggunakan kebutuhan listrik sebesar 5000 MW (17%), dan sisanya berada di pulau-pulau lainnya di Indonesia.

* Efisiensi kelistrikan yang rendah disebabkan oleh penggunaan BBM yang berlebihan sehingga kebutuhan subsidi listrik sangat besar ,

* dan beberapa kondisi sektor kelistrikan lainnya

Sekarang, apa peranan jasa konstruksi dalam sektor kelistrikan Indonesia?

Jasa konstruksi merupakan kebutuhan penting dalam sektor kelistrikan, mulai dari pembangungan pembangkit dan gardu induknya, pembangunan jalur transmisi dan distribusi, dan fasilitas-fasilitas pendukung kelistrikan lainnya. Bahkan, beberapa kontribusi jasa konstruksi untuk perekonomian negara seperti yang disampaikan oleh Pak Herry diantaranya adalah :

  1. Investasi konstruksi adalah fixed capital investment yang merupakan investasi perekonomian masa depan suatu negara
  2. Investasi konstruksi sebagai alat penting kebijakan publik
  3. Investasi jasa konstruksi tumbuh rata-rata di atas 5,5% per tahun dalam kurun waktu 2005-2010 sehingga merupakan investasi yang bernilai positif,
  4. dan beberapa kontribusi lainnya

Pak Herry, di sela-sela presentasinya, juga sempat membagikan bahwa salah satu faktor yang membangkitkan perekonomian Indonesia keluar dari krisis 1998 dan krisis dunia 2008 adalah perilaku konsumsi yang disalurkan dengan membuka pasar-pasar baru jasa konstruksi.

Mengingat besarnya peranan jasa konstruksi ini dengan perkembangan kelistrikan Indonesia, maka pemerintah seharusnya menyadari bahwa investasi proyek kelistrikan bukanlah tanggung jawab pihak swasta saja, melainkan pemerintah juga. Dengan demikian, maka pasal yang mengatur tentang pembagian peranan pemerintah sebesar 30% dan pihak swasta 70% dalam undang-undang menyangkut pembangunan pembangkit sudah selayaknya dikaji ulang.

Disamping kendala dari segi undang-undang tersebut, salah satu tantangan lain yang dialami oleh jasa konstruksi yang perlu dibenahi adalah mahalnya harga material, yakni semen sebagai komponen dasar konstruksi. Dan salah satu faktor penyebab hal ini adalah inefisiensi di segi transportasinya (penggunaan energi primer).

Dengan prediksi gambaran industri jasa konstruksi yang akan tumbuh sekitar 7,2 % pertahun untuk periode 2011-2015, sudah selayaknyalah pemerintah turut ambil bagian disamping tetap berusaha menarik investor swasta dengan memberi mereka kemudahan-kemudahan yang diperlukan. Diharapkan dengan memulai hal ini maka sektor kelistrikan di Indonesia akan semakin membaik.

***

Pak Herry  bercerita : Sekitar 3 tahun yang lalu, saat beliau ke China, pembangunan kereta cepat itu adalah suatu wacana. Namun, saat  beberapa bulan yang lalu beliau ke China lagi, kereta cepatnya itu sudah ada.

Hal inilah yang diperlukan oleh bangsa kita. Jangan kebanyakan wacana, melainkan tindakan nyata.

*****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: