Watergius's Journal

The world as I see it

kecoa, menjijikkan namun cukup mengagumkan

Kecoa, serangga yang memiliki desain tubuh yang tahan terhadap berbagai kondisi serta mampu bergerak dengan lincah. Cukup lincah sehingga kecoa ini bisa dengan cepat berpindah dari sudut yang satu tiba-tiba mampir ke badan kita (atau bahkan terbang). Namun ada satu kekurangaanya, bila posisi badannya terbalik, kecoa tidak akan dapat melakukan apa-apa.. yaa, kecuali menggerakkan kaki-kaki kecilnya yang tajam untuk berusaha bangun ..

Inilah yang terjadi dengan seekor kecoa di luar pintu kamar mandi di kosanku.

Tepat 2 hari yang lalu saat aku pertama kali melihat kecoa tersebut dalam posisi terbalik atau tidur atau mungkin mencoba menggarut punggungnya yang gatal, tanpa melakukan apa-apa selain membiarkannya dan berharap semoga kecoa itu segera pergi… but, anyway, dia tidak berhasil sebab beberapa jam kemudian saat aku ke kamar mandi, kecoa malang itu masih ada di situ, bahkan mendapatkan teman-teman baru yang cukup banyak..

kecoa di luar pintu kamar mandi kosanku persis seperti ini

“Kelihatannya kecoa itu telah menjadi makan malam buat semut-semut itu”, pikirku sambil berlalu.

Lalu, saat aku memperhatikannya lagi kemarin, ternyata kecoa itu masih berada di situ dan sesekali menggerak-gerakkan kakinya.. ternyata dia masih hidup.. wow, pantesan saja semut-semut kemarin tidak jadi menggotongnya sebagai makan malam..

Lalu, tadi pagi, saat aku perhatikan lagi, semut-semut yang mengerumuni serangga malang itu lebih banyak dari sebelumnya. “Sepertinya dia telah mati”, pikirku. Dan karena tidak ingin melihat kecoa itu lebih lama lagi, aku pun memutuskan untuk segera mengungsikannya.

Kuangkat badannya dengan kertas sehingga punggungnya tidak lagi berada di bawah dan langsung saja dia lari entah ke mana.. Gila, ternyata kecoa itu masih hidup. Dua hari tergeletak seperti itu dan dikerumuni oleh semut-semut yang tentunya tidak mungkin hanya untuk menemaninya sampai ajalnya, dia masih hidup.. Masih hidup dan lincah untuk segera lari entah ke mana pun itu.. Semoga dia mengingat jasaku yang telah menolongnya.. haha

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: