Watergius's Journal

The world as I see it

pengalaman itu mahal harganya

Kamis, 12 Mei 2011

Hari ni aku baru saja mengisi pulsa kartu smart-fren yang biasa kugunakan sebagai modem. Seperti biasa, bila mengisi pulsa sebesar 50 ribu maka kita akan mendapatkan bonus gratis internet selama 15 hari. Itu yang kutahu dan itu yang kualami sebelum-sebelumnya.

Minggu, 15 Mei 2011

Hampir seharian berada di luar, modem pun kupinjamkan kepada salah satu teman kosan. Sore hari, saat memintanya kembali dari dia, teman tersebut mengatakan kalau pulsaku telah habis. Merasa kurang yakin dengan hal itu aku pun memeriksanya sendiri. Dia tidak bercanda. Pulsaku memang Rp 0. Bagaimana mungkin? Baru tiga hari yang lalu aku mengisi pulsanya. Rasa kesal pun memenuhi pikiranku. Kalau bonus 15 hari memang sudah tidak ada lagi, kenapa tidak ada pemberitahuan dari Smart sebelumnya, pikirku dalam hati.

Karena aku butuh menggunakan internet malam itu, aku pun terpaksa mengisi ulang kembali sebesar 50 ribu. Tidak ingin kejadian yang sama berulang, aku pun mencoba mencek penggunaan pulsa setelah browsing beberapa menit. Pulsanya tetap. Oke, hal ini aneh, pikirku. Dan sepanjang malam itu, ada kira-kira 5 atau 6 kali aku memeriksa pulsa sambil tetap menggunakan internetnya. Pulsanya sendiri? Nilainya tidak berubah, tetap Rp 50.000,-.

Senin, 16 Mei 2011

Hari ini aku menggunakan internet sejak pagi hingga pukul 14.00 WIB dan pulsanya tetap 50 ribu.  Lalu internet ku-disconnect dan laptop kumatikan hingga sekitar pukul setengah 6 sore. Hal pertama yang kulakukan setelah menyalakan laptop dan menyambungkan modem adalah memeriksa pulsa. What?? Kenapa pulsanya bisa tiba-tiba tinggal Rp 3.113 ?

pulsa modem smart-fren

Oke, ini sudah berlebihan. Kali ini aku bukan lagi hanya kesal, melainkan sudah mulai emosi juga. Kalau memang tidak ada bonus kenapa pulsanya tidak berkurang tiap kali internetnya kugunakan? Kan bisa tahu kalau kalau bonusnya memang benar-benar gak ada dan malah bisa langsung daftar paket bulanan. Kini, dengan pulsa sekitar 3000-an, mau daftar apaan?

Marah dan kesal pun ternyata tidak ada gunanya. Kedua hal itu tidak dapat mengubah kenyataan bahwa pulsaku tinggal 3000-an rupiah dan aku butuh untuk menggunakan internet malam ini. Belum rela untuk mengeluarkan duit lagi membeli pulsa sebesar 50 ribu, aku pun mendaftar untuk menggunakan paket harian sebesar Rp 1000 dengan kuota 20 MB.

Awalnya aku pikir 20 MB itu akan cukup. Tapi ternyata tidak. Tidak sampai sejam aku telah menggunakan hampir lebih dari setengahnya. Dengan begini mau tak mau aku pun terpaksa membeli pulsa lagi. Dengan pulsa sekitar 52 riibu, aku pun memutuskan untuk langsung mendaftarkan paket bulanan seharga Rp 45.000. Kali ini aku tidak akan tertipu lagi.

Tetapi, lagi-lagi ada hal lain yang terjadi..

Ternyata Anda tidak dapat berlangganan paket lain selama  paket pertama yang Anda beli belum habis masanya. Apa-apaan ini? Dengan begini, setelah kuota 20 MB habis, maka secara otomatis biaya internet akan menggunakan pulsa utama yang mana harganya akanlah sangat mahal. Pfuhh, lagi-lagi aku hanya bisa menerima kejadian itu dan segera offline.

Selasa, 17 Mei 2011

Setelah mengistirahatkan modemku selama hampir 20 jam sampai masa paket perharinya berakhir, kini tiba saatnya untuk mengganti ke paket yang kuinginkan. Namun lagi-lagi, ada hal lain yang terjadi

Oke, kini apa lagi yang salah? Tidak ingin berspekulasi sendiri aku pun memutuskan untuk menelepon 881. Telepon tersambung dan mulailah terdengar promo dari smart-fren. Cukup lama juga promonya termasuk pembicaraan operator yang mengarahkan kita untuk menekan ekstensi tertentu. Kalau dihitung-hitung, ada kira-kira 2 menit. Sebenarnya tidak masalah sebab kita baru kena charge setelah terhubung dengan operator. Namun, setengah jam lebih aku mencoba (menunggu dan menelepon kembali), operatornya selalu sibuk. What?? Setengah jam lebih dan belum ada satu pun operatornya yang bisa dihubungi? Mulai kesal dengan keadaan itu dan ditambah lagi nada tunggunya yang cukup menjengkelkan, aku pun mengumpat dalam hati dan memutuskan mencari solusi sendiri.

Hal pertama yang kulakukan adalah nge-call nomor ini : *995. Itu biasanya digunakan untuk mengecek bonus dan semacamnya. Dan ternyata aku memang mendapatkan bonus gratis internet sebesar kurang lebih 509 MB.

Otakku mulai berpikir dan menyimpulkan bahwa bonus 15 hari sepertinya telah diganti dengan bonus ini. Namun tunggu dulu, pemakaianku sebelumnya bahkan tidak lebih dari 100 MB, bagaimana mungkin pulsanya langsung habis? ehm, aku tidak tahu sama sekali alasannya. Dan untuk membuktikan apakah itu memang benar bonus atau tidak, aku pun menggunakan internet dan browsing beberapa menit. Setelah diperiksa kembali, ternyata kuota internetnya tidak berubah sama sekali. Ini benar-benar membuat bingung. Lalu secara iseng tanpa berharap apa-apa pun aku mencoba mendaftar paket bulanan yang reguler. Dan ternyata berhasil.. haha. Ini benar-benar aneh. Setengah jam yang lalu aku tidak bisa mendaftarkannya, namun kini tiba-tiba bisa. Dan akhirnya, hal paling logis yang bisa kusimpulkan dari kejadian ini adalah bonus internet 15 hari tidak ada lagi dan juga gunakanlah internetmu terlebih dahulu sebelum mendaftarkan paket tertentu. Tentang penggunaanya seberapa banyak sebelum dapat didaftarkan, aku tidak tahu. Ada baiknya Anda menelepon ke 881, yaa, itu pun kalau Anda bersedia menunggu..🙂

4 responses to “pengalaman itu mahal harganya

  1. priskasembiring May 19, 2011 at 3:51 am

    Aku juga pernah punya pengalaman begitu bang, bedanya dengan provider lain.
    Saranku kalau masalah begitu jangan telpon ke call center, mending langsung ke kantornya.
    Pelayanannya lebih memuaskan, biasanya langsung tepat sasaran karena mereka sudah ahli.
    Kalau call center biasanya ujung-ujungnya disuruh ke kantornya juga :p

  2. atur May 22, 2011 at 2:20 pm

    Hai gus, wah wah… sayang juga pulsamu itu ya. Aku juga hampir mengalami hal yang sama gus. Untung aku agak rajin ngecek *995# dan aku agak bingung waktu lihat kuota itu. Akhirnya aku buka website smart. Dan ternyata sudah ada banyak sekali perubahan. Gak ada lagi paket unlimited seperti dulu. Mulai berlaku sejak 1 Mei 2011. Tapi memang aku kesal juga karena tidak ada pemberitahuan dari pihak mereka. Aku coba banding2kan. Memang yang sekarang lebih mahal dari yang dulu. Tapi tetap lebih murah dibanding yang lain. Memang harus hati2 aja dengan kuota. Karena kalau kuota lewat pulsa kita akan tersedot cepat. Kalau gak salah Rp 0,1 , 0,5, dan 1 per kb (tergantung jam). Dan kuhitung2. Kalau pake yang paling murah, 1 MB aja sudah Rp 100. Dan kalau 1GB berarti Rp 100,000. Sangat2 mahal…
    Memang ada baiknya ikut forum smart kali ya hahahha…

Leave a Reply

