Watergius's Journal

The world as I see it

mahasiswa, lebaran, dan supermi

Pertama, mari kita perkecil ruang lingkupnya menjadi para mahasiswa, mungkin mahasiswi ada juga namun itu bukanlah menjadi hal yang utama, yang tidak mudik alias pulang ke rumahnya selama masa lebaran yang telah usai. Kini, setelah subjek pembicaraan kita jelas, mari kita lihat apa yang mereka lakukan selama libur lebaran ini.

Kosanku boleh dikatakan tempat persinggahan yang cukup favorit buat mahasiswa seperti kami. Mengapa tidak, sebab kosanku itu memiliki sebuah dapur, lengkap dengan beberapa peralatan masaknya. Cukup sederhana mungkin, namun yang penting kau dapat mengubah sebuah bahan mentah menjadi makanan siap saji. Dan hal itu sudahlah lebih dari cukup di masa-masa liburan lebaran kemarin.

Liburan lebaran di Bandung buat anak kosan berarti kesulitan untuk makan. Sulit bukan karena duit untuk makan sudah habis, walaupun bukan pula berarti duit mereka berlebih. Sebab jika duit mereka berlebih, restoran siap saji seperti McD ataupun KFC sepertinya selalu terbuka. Namun sulit disini adalah karena tempat makan jarang yang buka dan bahkan tidak buka sama sekali. Dan bukan tempat makan saja, bahkan selama lebaran pasar sama sekali tidak buka dan hal ini berarti mereka tidak dapat membeli ikan atau daging untuk dimasak. Yang buka di dekat kosanku hanyalah mini market yang darinya kau hanya akan dapat memperoleh supermi dan telur (walaupun persediaan telur di situ juga sempat habis).

Hampir seminggu libur lebaran, hampir seminggu pula telur digoreng dan supermi direbus. Menggabungkan sarapan dengan makan siang dan dengan supermi menjadi lauknya, hingga makan malam dengan racikan nasi goreng pada kuali bekas memasak supermi adalah salah satu hal yang pernah terjadi di kosanku. Salah satu hal yang telah mewarnai liburan lebaran kali ini, disamping beberapa hal lainnya, dimana supermi telah memegang peran yang penting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: