Watergius's Journal

The world as I see it

resep makanan dan kitab

Seorang mistik Kristen berkata tentang Kitab Suci: resep makanan, betapa pun berguna, tidak baik untuk dimakan. Begitulah bunyi sebaris kalimat dalam buku Anthony de Mello yang kubaca baru-baru ini.

Resep makanan tidak lebih dari susunan kata-kata dan angka yang ditulis di atas kertas ataupun plastik. Ditangan seorang juru masak, resep itu dapat berubah menjadi panduan untuk menghasilkan makanan yang sangat lezat. Namun, bukan berarti di tangan seorang biasa hal yang sama juga tidak dapat terjadi. Yang perlu dilakukan hanyalah mengikuti langkah-langkahnya secara benar, dari awal hingga akhir.

Tapi tunggu dulu, dalam beberapa tayangan televisi tentang masakan maupun di beberap resep makanan yang pernah kubaca, ada sesuatu tulisan yang isinya kira-kira begini : “Sesuai dengan selera Anda.”  Apa maksudnya? Maksudnya adalah bahwa Anda tidak diwajibkan untuk mengikuti resep tadi secara harfiah, melainkan Anda perlu menyesuaikannya juga dengan keadaan. Anda suka makanan pedas misalnya, sementara dari resep itu Anda tahu bahwa banyaknya cabe yang disyaratkan hanya akan membuat sensasi pedasnya sedang-sedang saja, menambahkan beberapa buah cabai lagi tidak menjadi masalah sepertinya. Anda tidak akan lari jalur dari resep tadi, Anda hanya menyesuaikan resep itu dengan keadaan Anda.

Begitu pula dengan isi Kitab Suci menurutku. Ianya adalah seperti resep yang akan menuntun kita menuju apa yang diingikan pembuat resep itu.

Dan, ngomong-ngomong, rasanya memakan kertas maupun plastik resep makanan bukanlah sesuatu hal yang bijak untuk dilakukan..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: