Watergius's Journal

The world as I see it

Rumah

Seorang anak kecil berjalan, melewati sederetan bangunan yang bentuknya hampir sama. Kelihatannya ia tak terlalu memperdulikan bangunan-bangunan itu, entah bagaimana warna maupun hiasannya. Yang dia tahu hanyalah bahwa di salah satu bangunan itu, beberapa langkah lagi dari hadapannya, ada yang selalu setia menunggu kepulangannya, keluarganya . Itulah rumahnya.

Seorang remaja mengajak teman-temannya untuk menghabiskan Sabtu malam bersama-sama. Mereka bermain game, bermain kartu, dan juga ngobrol ngawur-ngidul. Waktu berlalu cepat tanpa mereka sadari. Satu persatu dari mereka pun mulai mengantuk dan tertidur. Posisinya? Beragam. Mulai dari paling nyaman beralaskan kasur dan bantal hingga yang tidur dekat dengan kaki temannya. Ruangan itu hanyalah sebuah kamar kecil, tidak lebih. Itulah rumahnya, tempat dia bebas meluangkan waktu bersama teman-temannya.

Sepasang suami istri terlihat sibuk bersama. Dengan tawa canda mereka mulai mengatur berbagai barang, mulai dari meja, kursi, hiasan dinding, hingga album foto. Mereka baru saja menikah beberapa waktu yang lalu dan kini tinggal di tempat ini. Mungkin mereka masih mengontrak, namun kini inilah rumah mereka berdua. Tempat mereka akan membangun mimpi-mimpi lainnya dan mempersiapkan masa depan yang masih panjang menanti.

Seorang tua duduk santai di teras rumahnya. Sambil duduk di kursi goyang dia terlihat asyik menikmati koran paginya. Tak berapa lama sebuah mobil masuk perlahan-lahan ke halaman rumahnya. Lalu seorang anak kecil pun melompat turun dan segera berlari menujunya. “Kakek”, kata anak kecil itu. Itulah rumahnya, yang terakhir mungkin di dunia ini. Tempat dia menikmati sisa hidupnya dan bersiap menunggu “rumah” berikutnya.

***

Agus Praditya T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: