Watergius's Journal

The world as I see it

Kita semua adalah perwakilan bangsa ini

Hampir seminggu bersama dengan teman-teman dari Jepang dari tanggal 19-25 September yang lalu membuatku terpikir akan satu hal, bahwa masing-masing dari kita adalah duta/perwakilan bangsa ini. Mengapa tidak?

Nadine Alexandra boleh menjadi Puteri Indonesia 2010 dan mengemban tugas mengenalkan Indonesia ke dunia internasional. Namun, apakah tiap orang asing yang datang ke Indonesia mengenalnya sehingga kemudian dapat mengatakan bahwa seperti inilah seorang Indonesia itu? Tentu saja tidak. Kita ambil contohnya teman-temanku dari TUT (Jepang). Yang mereka kenal selama tinggal di Indonesia adalah kami (peserta seminar dari Indonesia-ITB). Interaksi dengan kami adalah gambaran mereka akan orang Indonesia yang nantinya akan mereka bawa ke negara asal mereka. Nadine boleh saja menunjukkan keramahtamahan dan hal positif lainnya saat berkunjung ke Jepang, namun, seandainya saja teman-teman Jepang kami tadi diperlakukan dengan sikap buruk selama di Indonesia, hal itulah yang akan lebih diingat. Nadine hanyalah satu orang sementara interaksi dengan kami ataupun orang-orang di Indonesia jauh lebih banyak  dari itu sehingga tentunya jauh lebih berkesan.

Kita ambil contoh lain yakni Muhammad Cipta Suhada dan Sheila Purnama Bulan yang terpilih menjadi putra-putri batik Indonesia 2011 dan mengemban tugas mengenalkan batik ke dunia internasional. Dapatkah kita bertumpu pada mereka berdua saja? Tentu tidak. Tugas itu bukan hanya milik mereka berdua, melainkan kita semua. Dan kami telah melakukannya  dengan mengajak teman-teman dari Jepang untuk menikmati kota Bandung dan sekaligus belanja di suatu malam setelah selesai seminar. Kami menunjukkan kepada mereka baju batik dan mengatakan bahwa itulah pakaian khas Indonesia, mereka menyenanginya lalu membelinya. Begitulah cara kami memperkenalkan batik kepada mereka.

Dua hal di atas adalah sedikit gambaran akan hal yang masing-masing dari kita dapat lakukan untuk mengenalkan Indonesia ke dunia internasional. Anda tidak perlu menunggu hingga menjadi seorang puteri Indonesia ataupun putra/putri Batik, yaa.., walaupun kedua hal itu tentu saja mempunyai nilai lebihnya sendiri termasuk segala kemudahannya.

***

Agus Praditya T

One response to “Kita semua adalah perwakilan bangsa ini

  1. Muhammad Cipta Suhada December 26, 2011 at 2:21 pm

    setuju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: