Watergius's Journal

The world as I see it

pentingnya lampu hitungan mundur di lampu lalu lintas

Cukup sering aku berada di dalam angkot dan mengalami kejadian berikut ini sehingga akhirnya berusaha menuangkan analisis sederhana yang tidak dapat dibuktikan kevalidannya..

**

Mari kita coba perhatikan gambar di bawah :

antrian kendaraan saat lampu merah

– kondisi sedang lampu merah

– lajur kanan adalah untuk kendaraan yang akan belok ke kanan maupun melaju lurus, sedangkan lajur kiri adalah untuk kendaraan yang akan belok ke kiri

– balok hitam dengan tanda x kita misalkan sebuah angkot yang sedang berada di luar jalur seharusnya (dia ingin lurus namun kondisi saat itu sedang lampu merah)

– angkot itu terjebak diantara keadaan memberi jalan kepada kendaraan yang di belakangnya sementara dia sendiri tidak dapat bergerak maju

Apa yang sebenarnya terjadi ?

Dari beberapa kali pengamatan akan hal ini aku berusaha menyimpulkan kalau supir angkot yang bersangkutan sedang berusaha memprediksi kapan lampu lalu lintas di situ akan berubah menjadi hijau. Dengan berusaha memprediksi ini mereka berharap bahwa saat mereka sampai di barisan paling depan, lampu yang tadinya merah tepat berubah menjadi hijau sehingga mereka tidak perlu mengantri di belakang mobil2 lainnya, apalagi bila di situ ada angkot yang sejurusan dengan mereka juga. Namun, yang terjadi sering kali mereka tidak dapat memprediksinya dengan tepat sehingga terjadilah kejadian seperti gambar di atas. Karena itulah, pemasangan lampu yang menghitung mundur itu cukup penting menurutku, tidak hanya kepada supir angkot saja namun terkadang juga kepada pengendara yang sedang terburu-buru.

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: