Watergius's Journal

The world as I see it

Mimpiku Masuk ITB

Perkenalkan, namaku Radit. Rasanya masih seperti kemarin saat aku menginjakkan kakiku untuk pertama kalinya di kampus Ganesha ini. Menapakkan langkahku untuk memulai hari-hari sebagai seorang mahasiswa di kampus yang katanya adalah rumah putra-putri terbaik bangsa.

Bagiku masuk ITB adalah sebuah pemberian Tuhan terbesar dalam hidup. Lahir dan dibesarkan di kota kecil di salah satu pulau di negeri ini membuatku mengenal ITB hanya sebatas nama yang sering kudengar. Maklumlah, zaman aku SMA dulu internet belum sepopuler saat ini, apalagi saat itu jumlah warnet masihlah sangat sedikit. Namun, aku beruntung sebab beberapa orang alumni sekolahku telah berbaik hati untuk menyempatkan diri datang ke almamaternya dan berbagi segala sesuatunya tentang kampus mereka, termasuk kampus ITB ini. Cerita dan perjuangan mereka itu pun, tanpa kusadari, menjadi inspirasi tersendiri bagiku untuk berjuang meraih impianku, menjadi seorang mahasiswa ITB.

Awal kelas tiga SMA aku telah mengenal cukup banyak tentang ITB, dan menjelang berakhirnya masa-masaku sebagai seorang siswa aku telah menetapkan pilihanku. Aku ingin masuk Teknik Elektro ITB. Mengapa aku memilih jurusan itu? Pertama, aku menyenangi Matematika dan Fisika. Kedua, aku kurang menyenangi Biologi. Dan yang ketiga, masuk Teknik Elektro itu kedengarannya keren, apalagi saat aku SMA dulu jurusan itu memiliki passing grade SPMB yang tertinggi hehe.

Perjuangan itu tidak mudah, demikian jugalah yang kurasakan. Demi mencapai cita-citaku itu pun aku mengikuti les belajar di sekolah tiap sore dan les di bimbingan belajar saat malam harinya. Begitu terus dari Senin hingga Jumat, dari pukul 4 sore sampai pukul 9 malam. Sabtu dan Minggu pun terkadang aku tidak bisa bersantai. Sibuk mengikuti try out-lah, sibuk mengulangi pelajaran SMA dari kelas satulah, termasuk sibuk membahas soal-soal ujian SPMB dari zaman dulu kala. Namun semuanya itu serasa belum cukup. Dengan berakhirnya masa SMA, aku pun meninggalkan kota kelahiranku menuju kota yang lebih besar, ibukota provinsiku.

Sebulan lebih aku berada di kota itu. Bimbingan secara intensif, belajar di kosan, diskusi dengan teman dan pengajar, termasuk juga mengikuti try out, tanpa pernah terpikir untuk pulang sebentar ke rumah orang tuaku. Apalah arti sebulan ini demi sebuah impian, itu yang ada di benakku. Tekadku sudah bulat, aku harus bisa masuk ke jurusan itu.

Dengan semakin dekatnya akhir masa bimbingan berarti semakin dekat pulalah hari ujian SPMB. Pikiran positif dan rasa percaya diri yang telah kubangun sebulan ini akibat prestasi yang memuaskan selama try out di bimbingan membuatku merasa yakin bahwa aku sudah siap untuk bertempur. Bertempur melawan soal-soal dengan bersenjatakan pensil  2B dan sebuah penghapus.

Dua hari aku mengikuti SPMB dan dua hari itu pulalah aku berjuang. Berjuang menyelesaikan soal-soal itu dengan sebaik-baiknya dan menyerahkan hasilnya, apa pun itu, kepada Tuhan. Sama seperti sebuah ungkapan yang mengatakan: “Do your best and God will do the rest”, itulah yang persis kulakukan.

Penantianku selama sebulan akan hasil pengumuman SPMB pun terbayar sudah. Malam itu, di sebuah warnet di kotaku, aku mengucapkan syukur kepada Tuhan karena telah diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikanku. Ya, aku diterima di Teknik Elektro ITB. Aku bahkan sampai harus memeriksanya beberapa kali hanya untuk memastikan bahwa aku tidak salah lihat. Hehe, kini aku sering senyum sendiri bila mengingat lagi kejadian di malam itu.

Empat tahun sudah berlalu dan sekarang aku telah menyelesaikan pendidikanku di kampus Ganesha ini. Kini saatnya aku mulai merajut mimpi-mimpi lain dan melangkah memasuki babak baru kehidupanku.

***

Agus Praditya T

2 responses to “Mimpiku Masuk ITB

  1. karinasrimaya December 12, 2011 at 7:55 am

    yoi agus!! hehehe…
    perjuangan pangjang ke itb,, tapi lebih panjang lagi seudah keluar dari itb –” haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: