Watergius's Journal

The world as I see it

meninggikan separator busway ??

Beberapa hari atau mungkin minggu yang lalu aku membaca sebuah berita di harian online (lupa namanya) tentang rencana pemerintah untuk meninggikan separator busway menjadi 50 cm. Hal ini kemudian membuatku berpikir, kira-kira cara ini cukup efektifkah untuk mengurangi hal-hal yang membuat ide ini dilontarkan untuk pertama kalinya (banyak kendaraan lain yang masuk jalur busway). Kalau menurut pendapatku pribadi sih (bisa saja salah), sepertinya kurang efektif. Kenapa?

jalur busway

Dari gambar di atas (hasil pengamatanku setelah beberapa kali ke Jakarta), umumnya kendaraan (non-busway) itu masuk dari bagian yang tidak memiliki separator (tanda X), seperti di bagian persimpangan, putaran jalan, dan sebagainya, sehingga dampak separator busway yang akan ditinggikan itu tidak akan berpengaruh apapun, bahkan justru berakibat buruk. Misalnya ada pengendara sepeda motor yang terlanjur masuk ke jalur itu dan tiba2 ada busway yang datang dan dia ingin menghindar. Namun, karena tingginya separator, bisa-bisa pengendara tadi jadi celaka bukan..

Lalu ide apa yang terpikirkan olehku?

Dulu, tepatnya bulan Januari tahun ini, aku pernah melihat dan bahkan mengambil gambar sesuatu yang kelihatannya seperti palang pembatas di jalur busway :

palang pembatas di jalur busway

Ini adalah ide yang cukup brilian menurutku, yaa, hanya saja harus diperbaiki lagi, dan perbaikan yang aku maksud adalah mengubah cara kerjanya dari manual menjadi otomatis. Aku yakin kita semua pernah melihat pintu otomatis di mal2 atau kantor2 yang akan langsung membuka begitu ada manusia (termal) terdeteksi di daerah cakupan sensornya. Dan aku yakin hampir semua dari kita telah pernah melihat pintu tol yang otomatis membuka saat sebuah kendaraan telah mengambil kartu tol. Nah, ide yang kumaksudkan adalah dengan cara menggabungkan kedua hal ini. Kita pasang sebuah palang pembatas mirip dengan yang ada di pintu tol di jalur buswaynya dan sementara itu di buswaynya sendiri kita pasang sebuah sensor khusus sehingga palang tersebut hanya akan terbuka/merespon terhadap sensor di busway tadi. Lalu,begitu busway telah berada di luar cakupan sensornya (seluruh bus telah melewati palang), palang tadi akan menutup lagi dengan sendirinya. Dan rasanya hal ini tidaklah terlalu rumit untuk dibuat, bukan? 🙂

***

Agus Praditya T

 

 

2 responses to “meninggikan separator busway ??

  1. mac November 28, 2011 at 9:33 am

    setuju banget gus, palang otomatis lebih efektif dari nambah ketinggian separator.. btw rajin euy pake buat ilustrasinya hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: