Watergius's Journal

The world as I see it

di suatu sore di food court

Seringkali aku berpikir bahwa pekerjaan yang paling membosankan itu adalah menunggu. Menunggu antrian, menunggu teman kita datang, menunggu jam bukanya suatu loket pelayanan, dan banyak lagi jenis kegiatan menunggu lainnya. Namun, sore ini di suatu food court di salah satu mal besar di Jakarta aku menyadari ada pekerjaan yang jauh lebih “tidak menyenangkannya” dari menunggu itu.

*

Berbicara tentang food court berarti kita berbicara tentang deretan penjaja makanan, kursi dan meja yang berdekatan satu dengan yang lainnya, dan tentu saja “pelayan” yang selalu siap sedia membersihkan sisa-sisa makanan kita. Dan bila keadaan sangat ramai, orang-orang yang kita sebut pelayan inilah yang sepertinya cukup penting keberadaannya. Dan sore itu memang sangat ramai.

Sambil bersandar di tembok dekat tempat dia meletakkan sisa-sisa makanan dan piring-piring yang kotor, sesekali aku melihatnya seperti curi-curi memandang ke pengunjung yang sedang asyik menyantap makanannya, seolah-olah tak ingin ada orang lain yang memergokinya. Lalu sebuah pertanyaan pun mengusik benakku, apakah dia pernah mencicipi makanan di tempat mereka kerja ini? Harganya yang kurang sehat untuk kantong kalangan bawah sepertinya membuat mereka untuk lebih memilih membawa bekal sendiri atau mungkin membeli makanan dari warung pinggir jalan.

*

Tak lama dia dapat bersandar dengan santai di tembok itu. Banyaknya pengunjung yang ingin makan membuatnya harus segera membereskan sisa-sisa pengunjung sebelumnya. Mungkin dia hanya berharap bahwa hari ini akan segera berakhir. Dan semakin banyak pengunjung yang datang, semakin besar pula imbalan yang dapat mereka bawa pulang.

***

di sore hari di hari Natal di salah satu mal di Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: