Watergius's Journal

The world as I see it

parkir (di Kanada)

“Seorang polisi dengan sebuah pena di tangan kanannya dan tumpukan kertas di tangan kirinya, yang belakangan aku ketahui sebagai parking ticket, mulai berjalan menyusuri jajaran mobil yang diparkirkan di tepi jalan. Satu persatu kaca depan mobil dilihatnya, ntah apa yang diamatinya. Di mobil pertama dia berhenti sebentar, lalu berjalan lagi. Begitu juga dengan mobil kedua dan ketiga. Lalu, di mobil keempat dia berhenti cukup lama. Memeriksa jam tangannya, menuliskan sesuatu diparking ticket -nya, dan meletaknya tiket tadi di bawah wiper  jendela mobil yang bersangkutan. Pemilik mobil itu telah melangkar peraturan parkir dan kini mendapatkan sanksi dari petugas yang bersangkutan…. ”

Cukup sering aku melihat cuplikan kejadiaan di atas saat menonton film barat dan kini telah pernah melihatnya langsung saat sedang berkunjung ke Toronto…

**

Memarkir kendaraan di Kanada, di kota yang pernah kudatangi maupun di kota tempat aku sekarang berada, sangatlah jauh berbeda dengan memarkir kendaraan di Indonesia, walaupun ada sedikit kemiripannya juga.

Pertama aku akan ceritakan pengalaman kami memarkir kendaraan di Sudbury :

– Di kota ini, parkir di seluruh tempat (kalau rumah sakit kami belum pernah coba) pada hari Sabtu dan Minggu GRATIS. Namun bukan berarti juga Anda bisa memarkirkan kendaraan Anda di mana pun Anda suka.

– Di pusat perbelanjaan yang tidak tepat di pusat kota (downtown), parkir gratis dari Senin-Jumat. Sementara itu, di pusat perbelanjaan yang di pusat kota, mekanisme parkirnya beda lagi. Jadi saat akan masuk ke tempat parkiran kita mengambil kartu parkir dulu mirip dengan di Indonesia. Bedanya adalah saat akan membayar biaya parkir.

  • Bila membeli sesuatu barang seharga berapapun di pusat perbelanjaan itu, sejam pertama parkirnya gratis.
  • Bila membeli barang dengan harga lebih dari $ 20, dua jam pertama parkirnya gratis.
  • Bila menonton film di pusat perbelanjaan itu, lima jam pertama parkirnya akan gratis.

Dan satu lagi, pembayaran parkir ini hanya berlaku bila kita keluar parkiran sebelum jam 6 sore. Dengan kata lain, lewat jam 6 sore parkirannya gratis..

– Parkiran di tempat-tempat makan yang kebetulan punya lahan untuk parkir juga gratis, terlepas dari hari dan jamnya.

Selain di Sudbury, kota lain yang pernah kami coba untuk memarkirkan kendaraan adalah Toronto :

– Dari pengalaman kami selama dua hari main2 ke kota ini, belum pernah kami menemukan tempat parkir gratis di kota.

– Salah satu tempat parkir yang pernah kami gunakan menggunakan metode yang serba otomatis. Jadi kita mengambil kartu parkir dulu sebelum masuk. Dan saat akan pulang, kartu parkir tadi kita masukkan ke mesin khusus di tempat itu dan masukkan duit sejumlah biaya yang akan tertera di layar mesinnya. Kemudian, kartu kita tadi akan diberi tanda khusus yang akan kita masukkan lagi ke mesin lain agar palang pintu keluar terbuka.

– Terakhir adalah parkiran yang mirip dengan cuplikan keadaan yang kugambarkan pertama kali tadi. Kita membeli tiket parkir dengan durasi waktu selama kita akan meninggalkan kendaraan kita di situ dan kemudian meletakkan tiket parkir tadi di tempat yang mudah di lihat, umumnya di dashboard mobil. Misalnya kita ingin ke toko buku dan membutuhkan waktu kira2 45 menit. Maka, belilah tiket parkir selama setidaknya satu jam untuk jaga2. Bila waktu yang tertera di tiket Anda sudah lewat masanya dan sementara kendaraan Anda masih saja parkir di situ, maka petugas akan memberikan parking ticket dan harganya cukup mahal.

tiket parkir yang kami letakkan di dashboard

 

Sebagai informasi:

Biaya parkir di Toronto biasanya per setengah jam dengan biaya berkisar antara $ 2 – $ 6 (ini mahal bangat). Namun, ada batas maksimum biaya parkir juga yakni sekitar $ 20, tapi kendaraan Anda hanya boleh parkir sampai jam tertentu saja.

***

Agus Praditya T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: