Watergius's Journal

The world as I see it

dilarang merokok – angkutan umum

Bus baru saja bergerak meninggalkan terminal dan mulai menjauh meninggalkan kota itu. Belum ada kira-kira setengah jam perjalanan, seorang bapak yang duduk di dekatku mulai mengeluarkan sebatang rokoknya. Usianya belum terlalu tua, mungkin kisaran empat puluhan. Namun usia itu masih jauh lebih tua daripada usiaku yang masih ingusan sehingga akan sulit bagiku untuk melarangnya merokok, setidaknya secara terang-terangan. Yaa, walaupun terkadang kuakui melarang orang yang usianya jauh lebih mudah dariku agar tidak merokok di tempat umum juga tidaklah perkara mudah. Bagaimana pun, aku harus menyampaikan ketergangguanku atas tindakannya itu.

Kutekanlah sebuah tombol di ponselku, sebuah tombol yang membuat ponselku berbunyi cukup keras seolah-olah ada panggilan masuk.

“Halo,” jawabku, sambil berpura-pura seolah-olah aku menerima panggilan telepon benaran.

“Oh, ya, aku kenal dia. Bapaknya? Kenapa? “, aku melanjutkan kepura-puraanku.

“MENINGGAL KARENA KANKER PARU-PARU? Karena ROKOK ya?”, aku lanjut bertanya (pada diriku sendiri), sambil melakukan penekanan intonasi pada beberapa kata.

“Aku turut berduka cita. Sungguh sangat disayangkan. Padahal bapak itu belum terlalu tua dan beliau masih punya anak yang masih kecil untuk dibiayai. Sungguh kasihan nasib mereka. Seandainya saja dari dulu dia mendengarkan nasihat anak-anaknya untuk berhenti merokok,” aku kembali melanjutkan percakapan kosong itu.

Entah apa saja yang telah aku katakan sepanjang sandiwara itu dan entah telah berapa lama ianya berlangsung hingga akhirnya aku berhenti dan menyadari kalau bapak yang merokok tadi telah mematikan rokoknya dan terlihat curi-curi mendengar pembicaraanku. Aku pun tersenyum sekilas kepadanya, senyuman yang hanya aku tahu artinya.

no smoking

***

Agus Praditya Tampubolon

*terpikir untuk menuliskan ide seperti ini saat sedang melakukan sesuatu pekerjaan di kantor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: