Watergius's Journal

The world as I see it

akhirnya 6 minggu juga

Rabu, 31 Juli 2013

***

Hari ini tepat 6 minggu sejak aku menjalani operasi, 6 minggu sejak aku mulai menggunakan tongkat dan penyangga kaki, dan 6 minggu sejak aku tidak dapat berjalan dengan bebas di keramaian jalanan ibukota..

**

Taksi yang kutumpangi mulai melambat saat ingin masuk ke daerah Gedung Veteran. Dengan banyaknya kendaraan yang melaju di depan taksi yang kutumpangi, menunggu giliran untuk masuk ke area gedung untuk kemudian mengambil jalan potong melalui parkiran menuju ke rumah sakit Siloam sepertinya akan memakan waktu cukup lama. Bosan memandang layar hp yang sedari tadi kupegang, pandanganku pun kulayangkan keluar jendela, ke arah jembatan penyebrangan yang melintang tinggi sepanjang Plaza Semanggi : “Gosh, aku iri bangat pingin jalan kayak mereka“, kataku saat melihat para pejalan kaki yang melintas lalu lalang. Gak pernah kepikiran olehku kalau suatu hari nanti hal yang paling kuinginkan adalah bisa berjalan bebas, tanpa rasa sakit, tanpa tongkat, dan tanpa penyangga kaki. Tapi ternyata, sore ini hal itu baru saja terjadi… Aneh ya..

*

Perkembangannya bagus“, kata dokter Yudistira kepadaku. “Tinggal nunggu jaringan ikatnya saja menguat“, lanjutnya.

Seiringan dengan kabar baik ini, aku pun diperbolehkan untuk melepas penyangga kakiku bila beraktivitas di dalam ruangan. Selain karena sudah sangat-sangat bosan menggunakannya (bayangin aja selama 6 minggu dipakai terus, bahkan saat tidur), mencoba jalan tanpa itu juga akan membatu otot2 di pahaku pulih kembali lebih cepat.

Tapi kalau tidur tetap dipakai ya bos“, dokter Yudis tiba-tiba menambahkan. “Soalnya kita gak tahu posisi kaki kita kemana aja saat tidur, takutnya ntar putus lagi graft-nya“.

Oke dok“, kataku hampir tak rela. Paling gak nyaman itu sebenarnya memakainya saat tidur. Tapi, daripada akhirnya gak jadi sembuh, apa artinyalah memakai penyangga itu beberapa minggu lagi..😦

*

Tadi apa kata dokternya? “, Mbak Raida dari bagian fisioterapi bertanya.

Penyangga kaki tidak di-lock lagi di 90 derajat, tapi sudah di 120 derajat. Yang berarti aku dah boleh membengkokkan kaki kananku sampai 120 derajat. Terus, penyangganya udah boleh dilepas juga kalau gak ngelakuin aktivitas yang berat-berat,” kataku.

Oh, sip2.. “, katanya sambil mengangguk, sambil menuntunku menjalani serangkaian kegiatan fisioterapi agar penyembuhan lutut (terutama otot kaki kananku) lebih cepat.

photo(3)

temanku selama 6 minggu ini

**

INTERMEZZO

*

6 minggu penyembuhan pasca operasi

Minggu I : Kaki kanan masih dibalut perban dan penyangga kaki di-lock di posisi nol derajat. Jalan harus pakai 2 tongkat dan kaki kanan tidak boleh ditekan.

Minggu II : Perban dibuka dan penyangga kaki sudah di-lock ke 90 derajat. Kaki kanan mulai dilatih untuk bengkok (sakit bangat chuy awalnya..) dan sudah boleh menapak pelan. Hal yang paling mencolok adalah ukuran kaki kanan yang membesar, hampir seperti orang yang kena penyakit kaki gajah. Seram euy ngelihatnya..

Minggu III : Kaki sudah mulai bisa membengkok walaupun masih agak sakit. Sementara itu, ukuran kaki masih belum terlalu banyak berubah sebab belum dipakai untuk berpijak.

Minggu IV : Ukuran kaki mulai normal walaupun masih kelihatan jelas pembengkakan di sekitar lutut. Jalan sudah bisa mulai menapak dengan dua kaki dan bekas luka operasi sudah hampir kering sepenuhnya. Dan, di minggu ini kita sudah disarankan untuk memulai fisioterapi.

Minggu V : Bekas luka operasi sudah kering benar sehingga mandi normal (dengan shower) pun sudah boleh lagi.

Minggu VI : Kaki sudah mulai kuat untuk berjalan sehingga sudah dapat menggunakan satu tongkat saja.                     FYI : Bila yang sakit adalah kaki kanan, maka tongkat dipakainya di sebelah kiri.. Kenapa? Cobalah dicari tahu sendiri..

Minggu VII.….. : Menunggu hingga proses penyembuhan total di minggu ke-24…

photo(4)

setelah 6 minggu

***
atampubolon

5 responses to “akhirnya 6 minggu juga

  1. retno October 11, 2013 at 4:06 pm

    Wah semangat y, smoga pemulihnnya cpt, boleh tanya buat oprasi dll costnya brp y?

  2. ryianto silalahi September 16, 2014 at 9:01 am

    lae ini aq ryianto silalahi sian semarang…
    minta saran donk lae
    aq baru operasi lutut acl robek
    apa ya kira kira makanan yang harus dimakan agar cepat sembuh kayak lae dan apa terasa perjuangan sekali ya berjalan memakai dua tongkat…
    terimakasih

    • watergius September 25, 2014 at 11:32 am

      maaf baru balas lae..
      kalau makanan sih gak ada yang spesifik, paling dikasih obat dan multivitamin oleh dokternya..

      kalau makai 2 tongkat emang benar2 perjuangan, apalagi pas naik turun tangga dan ke toilet..

  3. Aprita October 10, 2016 at 3:26 am

    hi.. nama saya prita, setelah baca blog nya mengenai pasca operasi ACL. karena suami saya akan menjalani operasi ACL juga bulan november ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: