Watergius's Journal

The world as I see it

memperbaiki “BOOTMGR is missing”

Rabu, 4 Juni 2014

***

Senyum di wajahku seketika hilang melihat layar hitam dan tulisan putih di layar komputerku :

BOOTMGR is missing

BOOTMGR is missing

Bercampur panik dan sedih, aku mencoba me-restart komputerku. Sekali, dua kali, hingga berkali-kali, namun tulisan dan layar hitam yang sama tetap di situ tak berganti.

Kucari installer di harddisk eksternalku, namun adanya windows7 32 bit sementara punyaku yang 64 bit. Lagipula, bila pun aku punya di hard disk, aku tidak akan bisa nge-burn-nya ke dalam DVD. Bahkan, bila meminta bantuan teman satu kosanku pun, laptopnya adalah tipe Ultrabook sehingga tidak memiliki DVD-RW juga..

Akhirnya, dengan meminjam laptopnya aku pun browsing sana sini mencari solusi untuk masalah sini. Hampir putus asa juga sih dan berencana menginstall ulang saja di kantor besok harinya soalnya hampir semua solusi yang ditawarkan adalah menggunakan CD Installer Windows 7 dan CD Windows 7 Repair Dics…. hingga akhirnya aku memutuskan untuk mencari solusinya dengan cara yang lain.

Alih-alih mengetik kata kunci  fix BOOTMGR is missing Windows 7 64 bit, aku pun mengetikkan kata kunci “download Windows 7 Repair Disc”. Ada beberapa sih yang keluar, namun harus bayar beberapa puluh dolar. Akhirnya, aku pun menambahkan kata “free” yang akhirnya mengantarkanku ke link 4shared berikut ini:

http://www.4shared.com/get/bqlmII6G/Windows_7_64-bit_Repair_Disc.html?startDownload=true

Setelah selesai mendownload itu, aku masih punya masalah lain yakni tidak bisa nge-burn untuk menghasilkan boot file.

Karenanyalah pencarian di google pun dilanjutkan dengan keyword yang berhubungan dengan memasukkan boot file ke dalam USB Stick yang pada akhirnya membawaku ke situs berikut ini:

http://www.intowindows.com/how-to-repair-windows-7-from-usb-flash-drive-repair-without-installation-dvd-disc/

Dengan mengikuti langkah-langkah di situ itu dan dengan adanya file windows repair, laptopku pun bisa kembali seperti semula… namun iyakah?

Dengan recovery boot system itu, akhirnya Windows7-ku menjadi terdeteksi sebagai windows bajakan dan muncullah tulisan “Windows is not genuine” di pojok kanan bawah. Sial, ternyata pencarian belum berakhir…

Untunglah tidak butuh waktu lama sampai aku menemukan solusinya di video youtube berikut ini:

**

Kini, komputerku pun telah bekerja seperti semula.. Hanya saja, butuh waktu cukup lama untuk mencari solusinya..

 

***

atampubolon

 

Leave a Reply

