Watergius's Journal

The world as I see it

Semakin canggihnya penipuan – undian berhadiah ?

Kamis, 14 Mei 2015

***

Ada puluhan SMS mungkin yang telah masuk ke nomor Indosatku mengabarkan kalau aku menang undian ini dan itu. Wajar, nomor itu telah kugunakan sejak tahun 2008. Bahkan nomor yang baru dibeli saja bisa menerima SMS yang tidak jelas isi dan pengirimnya. Namun, hampir 99% SMS menang undian tersebut dikirimkan dari nomor telepon gengam pribadi, sehingga tentu saja mudah ditebak kalau itu penipuan. Kenapa 99%? Karena hari ini ada 1%-nya yang hampir membuatku tertipu.

*

SMS itu masuknya tadi siang sekitar pukul 2 siang. Namun baru kubaca sore ini sebab aku memang malas membaca pesan2 yang masuk dari pengirim ini. Isinya hampir selalu sama dan bisa ditebak : masa aktif, promo, dan bonus. Iya, pengirim itu adalah INDOSAT.

IMG_2661

SMS dari Indosat

Setelah dibuka, pesan yang disampaikan adalah sebagai berikut:

pengumuman yang sepertinya absah

pengumuman yang sepertinya absah

Awalnya aku sudah curiga kenapa laman yang dicantumkan di dalam SMS bukan indosat.com, tapi tetap saja aku masuk ke laman itu. Lalu, nomor yang diminta untuk dihubungi berbeda dengan nomor resmi Indosat yang ada di laman mereka, namun tetap saja aku menghubungi nomor itu.

Yang menjawab adalah seorang mas2. Orangnya kurang ramah dan bicaranya kurang jelas, namun prosedur seorang customer service dia melakukannya dengan benar. Hanya saja ada dia melakukan kesalahan cukup fatal yang membuatku meminta untuk memutuskan telepon sebentar dan akan menghubungi dia lagi.

Waktu sebentar yang kuminta ini memberiku kesempatan untuk memeriksa beberapa hal lagi termasuk menghubungi temanku yang bekerja di Indosat. Dan temanku itu langsung berkata itu jelas-jelas adalah PENIPUAN. Namun, kenapa masking-nya (nama pengirimnya bisa INDOSAT), dia juga tidak tahu.

Karena itu, berhati-hatilah dengan SMS undian berhadiah walaupun pengirimnya adalah penyedia jaringan itu sendiri. Ceklah benar-benar informasi yang disampaikan dan pelajari hal-hal detailnya apakah ada yang tidak masuk akal/mencurigakan.

**

Beberapa hal yang menurutku mencurigakan dari SMS Undian yang aku terima ini:

1. Tampilan laman yang kurang profesional untuk perusahaan sekelas Indosat.

laman yang kurang profesional

laman yang kurang profesional

2. Di bagian pengambilan hadiah poin nomor 6 dikatakan sebagai berikut:

Setelah pelaporan NO.PIN Pemenang,batas pengambilan Hadiah berlaku selama 2 hari.

PIN itu seharusnya unik dan hanya diketahui oleh pemenang. Namun, bila dilihat gambar laman di atas, PIN tersebut dituliskan juga di gambar masing2 hadiah. Apa gunanya PIN kalau begitu?

3. Di bagian pengambilan hadiah poin nomor 5 dikatakan sebagai berikut:

Pemenang wajib melaporkan biodata dan identitas lengkap sesuai Data KTP/SIM untuk pendaftaran dan pengurusan Hadiah

Namun tadi saat menelepon, mas2 itu tidak memeriksa identitasku secara lengkap. Dia hanya menanyakan nama, mengucapkan selamat, dan langsung menodong membacakan nomor rekening Bank.

4. Penasaran dengan laman infoindosat.net, aku pun mengecek identitas laman tersebut dan memperoleh informasi sebagi berikut:

siapa pemilik infoindosat.net

siapa pemilik infoindosat.net

Ternyata laman tersebut dibuat oleh CV.JOGJACAMP. Bila ditelusuri di google, CV ini benar adanya dan memang bergerak di bidang domain dan hosting. Namun, siapa klien mereka yang membeli domain ini, itu lain hal yang akan butuh sumber daya lebih untuk bisa ditelusuri.

***

atampubolon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: