Watergius's Journal

The world as I see it

download file dari digilib petra

Pertama-tama, tulisan ini bukan bermaksud untuk melanggar hak cipta ataupun sejenisnya yang dikenakan terhadapa tiap tulisan/artikel yang ada pada digilib.petra.ac.id. Saya hanya mencoba berbagi trik, yang secara kebetulan berhasil, untuk mendownload file dari digilib petra.

Buat kamu yang sering mencari bahan tulisan, gw sih biasanya berhubungan dengan teknik, digilib petra tentu tidak asing lagi. Namun, kalau belum tahu juga, coba deh tanya sama mbah google.. 🙂

Saya harus akui materi kuliah yang ada di situs itu tergolong lengkap. Namun ada satu hal yang kurang mengenakkan, kita tidak dapat mendownload materi kuliah tersebut. Saya rasa sih karena faktor hak cipta atau sejenisnya.

Malas juga kan kalau tiap kali mau baca tulisan harus buka2 lagi webnya, belum lagi kalau si bahan kuliahnya tuh gak ketemu. Akhirnya gw mencari akal untuk mendownloadnya.

Cara yang pertama

Dengan melihat page source-nya kemudian mencari nama filenya (*.pdf) dan mendownloadnya dengan idm. Cara ini tidak berhasil sebab saat dicoba di download dengan idm, simbol file pdfnya berubah menjadi html.. 😦

Cara kedua

Cara nih gak sengaja gw temukan dan ternyata berhasil. Apa saja yang perlu lo lakukan

  1. Lo harus punya akun google mail (gmail)
  2. Search file/ bahan kuliah yang lo pingin itu dari google
  3. Setelah ketemu dan kebetulan berada di http://digilib.petra.ac.id, klik pada icon quick view (yg dikotakin berwarna merah berikut)
  4. lo akan dibawa ke tampilan google doc untuk membacanya secara online. Dalam tahap ini lo harus login terlebih dahulu ke akun gmail dan jangan di logout. Setelah itu (masih dalam tampilan google doc tadi), klik : Save in Google Docs (ada di pojok kanan atas)
  5. lalu masuk ke dalam akun google docs lo dengan mengetikkan docs.google.com pada browser
  6. dalam akun google docs lo akan menemukan file tadi. selanjutnya lo tinggal klik kanan tuh file dah pilih download. thats all 🙂

Mudah-mudahan trik ini bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkannya..

10 responses to “download file dari digilib petra

  1. Catur December 12, 2010 at 2:03 am

    thx atas infonya bro 😀

  2. rifky March 16, 2011 at 4:26 pm

    gus, tw cara donlot dr digilib its ga? gw mw daftar tp ga bs..
    thx

    • watergius March 17, 2011 at 7:05 am

      gw dulu register bisa, cuma tetap aja gak bisa download..
      gak tahu deh kl sekarang Rif..
      minta tlg ke teman atau kenalan lu anak ITS aja.. 🙂

  3. maseko March 9, 2012 at 8:39 am

    Aku coba save in google docs gak bisa. Akhirnya aku pilih print ke pdf, and sukses.
    Sekedar alternatif

  4. Dian April 27, 2012 at 6:12 pm

    baru ngeh bisa gini :))

    thanks 😀

  5. mpine October 19, 2012 at 7:18 am

    mantap sharing-nya gan 😀

Leave a comment