Watergius's Journal

The world as I see it

Offenburg

Offenburg adalah sebuah kota kecil di bagian barat daya Jerman di provinsi Baden Württemberg. Layaknya kota2 di Jerman, Offenburg memiliki Hauptstraße (Jalan utama) yang di sepanjangnya terdapat toko2, bank2, dan restoran cepat saji. Jalan utama ini dimulai dari depan kantor polisi di ujung yang satunya dan berakhir di terminal bus/ stasiun kereta di ujung lainnya. Tidak butuh lama untuk menyusuri jalan ini. Seperti kata Umar, teman pertama yang kutemui di kota ini, “cuma butuh 15 menit kok gus untuk melihat-lihat kota Offenburg.”

Banyak yang bertanya kenapa aku ke kota kecil Offenburg, tepatnya kenapa aku memilih melanjutkan kuliah S2 di Hochschule Offenburg (HSO) atau University of Applied Sciences Offenburg. “Offenburg kan kecil dan tidak banyak yang mau dilihat di kota ini”, begitu umumnya kata orang2 yang tinggal di Offenburg.

Walaupun kota ini kecil dengan penduduk kurang lebih 60.000 orang, Offenburg cukup mudah dijangkau. Kereta cepat Jerman yakni ICE, berhenti di sini, yang menjadikan waktu tempuh bandara Frankfurt – Offenburg hanya sekitar 1,5 jam. Dengan menaiki kereta yang sama, sejam berikutnya ke arah Selatan kita juga bisa tiba di kota Basel, Swiss. Sementara itu, ke arah barat Offenburg, dengan menaiki kereta lokal selama 30 menit kita akan sampai ke kota Strasbourg, Prancis. Sarapan Croissant di Prancis, makan siang Maultasche dengan hidangan pencuci mulut Schwarzwälder Kirschtorte (kue Black Forest) di Jerman, dan makan malam Zwiebelkuchen di Swiss tidaklah mustahil buat seseorang yang tinggal di Offenburg.

Energi dan Manajemen, dua kata yang membangun nama jurusanku di HSO, yakni Energy Conversion and Management menjadi jawaban yang selalu kuutarakan. Namun kalau harus ditambahkan dan dijelaskan lebih jauh lagi, faktor biaya kuliah dan biaya hidup yang terjangkau serta kurikulum pelajaran yang menarik juga menjadi faktor pertimbangan, mengingat aku juga diterima di dua kampus lainnya di Jerman dengan nama jurusan yang mirip.

**

Kini, setelah menyelesaikan S2 dari HSO dan tinggal 2 tahun lebih di Offenburg, ada satu hal, yang tidak kuketahui dan pertimbangkan sebelumnya, yang membuat kuliah dan tinggal di sini menarik dan terasa seperti di “rumah” : Senior Service.

Senior Service merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan pensiunan yang tinggal di kota Offenburg dan sekitarnya. Anggota Senior Service ini cukup banyak dan masing2 dari mereka biasanya memiliki kontak dengan satu atau lebih mahasiswa/i HSO (khususnya mahasiswa Internasional). Mahasiswa/i ini kemudian akan diundang untuk masak dan makan bareng di rumahnya, melihat festival bersama, mendaki ke Schwarzwald (hutan hitam di barat daya Jerman), dan aktivitas lainnya. Tujuannya adalah memperkenalkan budaya dan cara hidup masyarakat Jerman ke mahasiswa internasional. Sementara itu buat mahasiswa/i ini merupakan kesempatan yang baik juga untuk memperkenalkan negaranya masing2, makanan khasnya, budayanya, dan tentu saja meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman.

Seorang teman yang pernah tinggal di Hamburg dan kini kuliah di HSO pernah berkata, ” untung ada Senior Service ya. Kalau enggak pasti bosan banget tinggal di Offenburg.”

**

Offenburg dikelilingi oleh alam yang indah, demikian juga halnya dengan Hochschule Offenburg.

 

***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: